RAKYAT.NET, Jakarta – Buah hati merupakan anugerah dari Tuhan yang menjadi tanggung jawab orang tua. Anak lahir lalu tumbuh menjadi dewasa melalui berbagai proses dan tahapan.

Bagi Anda yang memiliki balita usia sekitar 2 tahun, perlu mengetahui dan memperhatikan point-point pertumbuhan buah hati Anda.

1. Pertumbuhan

Anak usia 2 tahun rata-rata memiliki pertambahan tinggi sekitar 38 cm dari panjangnya ketika lahir. Pada usia ini, pertumbuhan anak akan lebih menurun dibandingkan pertumbuhan yang terjadi sebelum satu tahun. Diperkirakan pertambahan berat badan yang terjadi pada anak yang berusia antara 12 hingga 24 bulan yaitu 1,5 hinga 2,5 kg. Sedangkan untuk pertambahan tinggi yang terjadi pada rentang usia tersebut adalah sekitar 13 sampai 2,5 cm.

2. Kemampuan motorik

Pada tahun kedua, perkembangan motorik anak akan sangat pesat, contohnya saja ia sudah bisa menaiki tangga dengan perlahan, menendang bola, dan sudah bisa memulai untuk berlari kecil. Sebagian besar anak yang berusia 2 tahun bahkan bisa berdiri di atas jari-jari kakinya.

3. Kemampuan bahasa

Setidaknya sudah memiliki 50 kosakata dan dapat menyebutkannya dengan cukup baik, sudah bisa mengatakan 2 kata dalam 1 frasa sekaligus, mengenal dan mengetahui nama benda di sekitar dan nama bagian tubuh, serta mengulang-ulang perkataan orang dewasa.

4. Kemampuan kognitif

Sudah mengetahui perbedaan waktu seperti sekarang, nanti, beberapa menit lagi, atau bahkan kata selamanya. Anak Anda mungkin juga sudah bisa melakukan beberapa hal sederhana yang Anda instruksikan kepadanya, seperti taruh buku di meja atau cuci tangan, dan sebagainya. Pada usia ini anak sudah memulai berfantasi atau bermain pura-pura dengan berbagai mainannya.

Sumber: hallosehat