RAKYAT.NET, Jakarta – Kombinasi nasi, rumput laut, dan ikan segar merupakan keunikan dari makanan sederhana asal Jepang sushi. Meski sederhana, tetapi bukan berarti tidak ada aturan kuat dalam menyantap makanan ini.

Salah satu kesalahan terbesar banyak orang di luar Jepang, saat menyantap sushi adalah menaruh acar jahe di atasnya, kemudian menyelupkan ke dalam saus soya.

Menurut chef terkenal dari Tokyo, Naomichi Yasuda, menaruh jahe di atas ikan juga bertentangan dengan etiket budaya Jepang. Dalam sebuah video, Yasuda mengungkapkan, kesalahan umum lain yang sering dilakukan orang adalah menyelupkan ikan ke dalam saus soya, kemudian meniriskan sausnya.

“Menggoyang-goyang sisa tetesan adalah apa yang dilakukan pria di kamar kecil,” ujar Yasuda berkelakar.

Dilansir dari laman The Independent, Minggu 24 September 2017, biasanya sushi jenis maki rolls, yang dilapisi rumput laut, dicelupkan sedikit ke dalam saus soya menggunakan tangan dan langsung dimasukkan ke dalam mulut seluruhnya. Sepotong jahe, kemudian dimakan untuk membersihkan palet.

Sementara itu, nigiri sushi, di mana sekepal kecil nasi diberikan topping, diambil menggunakan sumpit dan diputar, sehingga ikannya bisa menyentuh saus.

Chef Sterling Ridings dari kedai sushi Uchiko juga mengatakan, menghancurkan rasa lembut dari ikan dengan melapisi wasabi juga pantang dilakukan.

Memberikan saus soya berlebihan, kemudian menggosok sumpit, juga merupakan tindakan yang dianggap tidak sopan oleh para chef.

Sumber: viva.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here