RAKYAT.NET, Jakarta – Obesitas menjadi salah satu penyebab perut membesar. Namun banyak pula orang yang tidak terlalu gemuk namun memiliki postur perut buncit.

Perut buncit sangat mengganggu penampilan terutama bagi para wanita. Selain masalah penampilan, perut buncit bisa memicu berbagai masalah kesehatan. Dan ketika perut sudah terlanjur bertambah besar, akan sulit untuk mengecilkannya kembali.

Perut buncit disebabkan oleh beberapa hal sbb :

1. Stress

Stress merupakan masalah yang banyak dialami oleh masyarakat modern saat ini. Dan sebagian orang saat mengalami stres cenderung ingin selalu makan. Kebiasaan buruk ini menjadi pemicu obesitas. Dan semakin berat badan bertambah perut akan semakin membesar pula.

Solusi, hindari stress dengan cara menambah aktivitas olahraga dan kegiatan lain yang menyenangkan.

2. Makan dalam porsi besar

Kebiasaan makan dalam porsi besar otomatis akan memperbesar perut. Dan jika kebiasaan ini berlanjut maka dapat dipastikan perut akan membuncit penuh dengan lemak dan sulit dikecilkan.

Solusi, hindari pola makan dengan porsi besar. Biasakan makan secukupnya atau bagilah makan besar Anda dalam beberapa fase jam makan.

3. Perut Usai Melahirkan

Perut besar sebagai akibat pasca melahirkan merupakan hal wajar yang dialami oleh setiap ibu. Namun banyak ibu yang malas berolahraga setelah melahirkan. Bentuk perut yang masih besar setelah melahirkan sangat mengganggu penampilan. Namun olahraga terlalu dini sejak melahirkan tidak disarankan, sebab justru memicu terhadap berbagai masalah kesehatan.

Solusi, pasca melahirkan sebaiknya istirahat berolahraga beberapa bulan terlebih dahulu usai melahirkan. Ubah menu makan dengan lebih banyak konsumsi ikan, kacang-kacangan, minyak sayur, dan buah zaitun.

4. Perut Menopause

Bertambahnya berat badan merupakan salah satu efek yang biasa muncul dalam fase menopause. Perubahan hormon bisa memicu meningkatnya berat badan yang biasanya sudah mulai terjadi sejak beberapa tahun sebelum menopause.

Solusi, atur jadwal tidur dan pola makan sehari-hari. Berolahraga ringan secara rutin setiap hari.

Foto: shutterstock