RAKYAT.NET, Jakarta – Bursa Capres 2019 makin memanas. Masing-masing koalisi partai memiliki kandidat yang diunggulkan. Namun pemilihan presiden langsung di Indonesia membuka peluang bagi para Capres Independent atau Capres yang bukan ketua partai atau tidak memiliki partai.

Analis Politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio menilai kiprah ekonom senior Rizal Ramli dalam pemilu presiden 2019 tak bisa dipandang sebelah mata.

Bahkan, peluang Rizal untuk bersaing dengan petahana Jokowi semakin kuat setelah Rizal secara resmi mendeklarasikan diri sebagai capres. “Karena perlahan tapi pasti publik menginginkan sosok alternatif yang berpengetahuan luas dan memiliki ide-ide ‘gila’ yang bersolusi saat diimplementasikan,” kata Hendri.

Hendri yang juga juru bicara Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (Kedai Kopi) menganggap, lembaganya memiliki penilaian sendiri mengenai sosok Menko Kemaritiman era Jokowi ini.

Menurutnya, perlahan tapi pasti, Rizal mulai disukai publik karena pengetahuannya yang dianggap luas.

Ide dan gagasan pria yang pernah menjabat sebagai Menko Perekonomian di era Abdurrahman Wahid itu dianggap menjadi kekuatan utama yang bisa menyaingi lawan petahana dalam bursa Capres 2019.

“Isu mengenai ekonomi kerakyatan masih menjadi sesuatu yang memiliki daya tarik tinggi di kalangan masyarakat dan sosok Rizal memiliki concern yang cukup dalam hal ekonomi kerakyatan sejak lama,” katanya.

Masyarakat, saat ini butuh figur alternatif di luar figur yang sudah ada. Kehadiran Rizal bisa membuka pilihan baru kepada masyarakat tentang figur yang dianggap mahir menyelesaikan persoalan bangsa.

Namun bersih dari skandal dan kasus, sekaligus memiliki potensi dan kapabilitas untuk memperbaiki kinerja sektor ekonomi terutama dalam soal penurunan harga-harga.

Hendri sekaligus menyarankan agar para capres 2019 untuk melakukan adu gagasan agar masyarakat bisa langsung menilai dan mempertimbangkan capres terbaik pilihan mereka.

“Saya pikir adu gagasan yang akan paling menarik perhatian adalah antara Rizal Ramli dengan Jokowi,” tambahnya.

Sumber: sindonews.com
Photo: googleimages

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here