VIVA.co.id – Axel Giovani Hartanto (12), siswa kelas 6 SD Pangudi Luhur Santo Timotius, Solo, berhasil menyabet medali emas kategori individu di ajang India International Mathematics Competition (InIMC), di Lucktown, India, pada 25-31 Juli 2017.

Bersama 15 pelajar tingkat SMP dan SD asal Indonesia lainnya, Axel berhasil mengungguli ratusan peserta dari 27 negara di dunia. Di antara negara tersebut yaitu Afrika Selatan, Australia, Bulgaria, Canada, Cina, Cyprus Hongkong, India, Indonesia, Iran, Kazakstan, Korea, Laos, Malaysia, Meksiko, Mongolia, Nepal, Philipina, Rumania, Singapura.

Menghadapi ajang itu, Axel mengemukakan, tak ada persiapan khusus. “Persiapanya biasa saja, baru benar-benar serius berlatih mengerjakan soal-soal saat diasramakan di KPM (Klinik Pendidikan MIPA) di Bogor, ya senang juga akhirnya bisa dapat emas, pengalaman baru selama di India,” ujarnya di terminal 2D Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Banten, 1 Agustus 2017.

Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Ridwan Hasan Saputra menjelaskan, lomba mata pelajaran matematika ini diikuti oleh 16 pelajar,  terdiri dari tiga tim SMP dan satu tim SD berjumlah empat orang. Mereka dibagi ke dalam dua kategori lomba yaitu beregu dan individu.

“Bersyukur pada kategori lomba tim untuk SMP meraih Champion untuk Tim A dan 2nd runner up untuk tim B, sedangkan untuk tim SD meraih 2 nd runner up. Hal yang sangat membanggakan adalah Tim A SMP Indonesia meraih Champion,” ujar Ridwan.

Tim A yang terdiri dari Alvin Putera Budiman, M. Abdurahman, Farrel Dwireswara Salim dan Muflih Naufal Maxi mampu mencapai perolehan gemilang dengan mendapat gelar champion.

“Untuk kategori lomba InlMC persiapannya  hanya 1 minggu, tapi disamping belajar di KPM saya juga melakukan belajar secara mandiri di rumah,” ujar Ketua Tim A SMP, Farrel Dwireswara Salim.

(ren)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here