RAKYAT.NET, Jakarta – Pemerintah Kota Pekalongan menegaskan ada tiga sektor kegiatan yang akan menjadi fokus kegiatan pembangunan Pemkab Pekalongan disepanjang 2019 ini. Ketiga sektor ini terdiri dari kegiatan pembangunan infrastruktur jalan, bidang pendidikan, dan bidang kesehatan.

Hal tersebut sebelumnya telah dijelaskan saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2019, di aula lantai 1 Setda Kabupaten Pekalongan. Menurutnya, dari ketiga sektor tersebut, bidang pembangunan infrastruktur jalan akan terus didorong pengerjaannya.

Namun Pemkab Pekalongan menyebutkan, dari total panjang jalan yang mencapai 668 kilometer, kegiatan perbaikan secara keseluruhan, akan tuntas pada 2020 mendatang. “Tahun ini, kami targetkan semua jalan di Kabupaten Pekalongan bagus 100 persen,” Kata Asip Kholbihi Bupati Pekalongan, Selasa (12/03/2019).

Selain infrastruktur jalan, Bupati juga mengatakan, permasalahan yang ada di dunia pendidikan juga harus segera diselesaikan. “Kualitas pendidikan yang dilaksanakan harus terukur. Untuk itu kami instruksikan kepada dinas terkait, agar program zero drop out bisa benar-benar diimplementasikan. Bukan hanya sekedar wacana,” katanya.

Sedangkan untuk bidang kesehatan, Bupati Asip menyatakan berbagai permasalahan di bidang kesehatan juga akan segera dicarikan solusinya, “Pemkab Pekalongan masih memiliki beberapa pekerjaan rumah, antara lain mengenai masalah gizi buruk,” jelasnya.

Bupati mengatakan, kasus gizi buruk di wilayah Kabupaten Pekalongan tercatat menduduki peringkat ke 4 se-Jateng. “Untuk itu kita akan mencari upaya agar kasus-kasus gizi buruk ini bisa kita tekan,” katanya.

Demikian juga dengan masalah angka kematian ibu dan anak, Bupati meminta Dinas Kesehatan juga fokus menekan angka kematian ibu dan bayi.

 

Sumber : Republika.co.id