RAKYAT.NET, Jakarta – Persaingan perebutan pasar motor oleh sesama pabrikan Jepang yaitu Honda dan Yamaha semakin sengit. Pabrikan Honda makin gencar melakukan perlawanan dengan mematenkan motor roda tiganya.

Untuk kesekian kalinya kembali Honda beri perlawanan Yamaha usai produsen berlambang garpu tala ini meluncurkan motor roda tiga Tricity dan Niken.

Seperti dilansir dari Visordown, Honda telah resmi mendaptarkan paten motor roda tiga Honda Neowing. Honda juga ikutan ngerilis motor tiga roda yang dikasih nama Honda Neowing. Konsep ini adalah besutan Honda Jepang yang udah nangkring di gemerlap panggung Tokyo Motor Show awal November 2015. Namun dari gambar paten motor roda 3 Honda ini adalah motor roda 3 dengan proporsi 2 di depan dan 1 di belakang, leaning multi wheel, karena 2 roda di depan masing-masing mempunyai shock breaker sendiri.

Honda mulai mengembangkan sendiri teknologi belok yang pada prinsipnya pakai sistem multi-leaning wheel. Honda nyebut teknologi ini Honda Linkage Mechanism.

Basisnya IMHO dari motor Honda NC 750 X Berbeda sama pabrikan lainya. Biasanya motor 3 roda desainnya motor scooter ala skutik, tapi Honda malah desain motor batangan, walaupun sebetulnya bisa mode matik juga (dual clutch).

Dalam design motor baru ini masih ada darah keperkasaan Goldwing, berstatus konsep produksi, dan pakai teknologi hybrid. Karena masih ada hubungan darah, mesin pakai tipe boxer 4 silinder berlawanan. Tenaga dari mesin itu didukung motor listrik, memastikan torsi yang berlimpah saat berakselerasi.

Mesin dahsyat itu dipadankan sama transmisi baru semi-otomatis. Sistem ini sebelumnya udah dipake di Honda NM4 Vultus, dan dikabarkan bakal dipakai untuk Honda Goldwing generasi selanjutnya.

Sumber: sindonews, Visordown