JAKARTA, KOMPAS.com Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, menjadi jalur yang dilewati oleh pemudik yang memilih lewat jalur selatan. Pacitan memiliki deretan pantai dan goa yang begitu menarik untuk ditelusuri.

Kabar gembiranya karena berada di timur Pulau Jawa, obyek wisata di Pacitan tak terlalu ramai dibanding obyek wisata di Jawa bagian barat maupun tengah. Karena pada umumnya, pemudik akan melewati jalur timur ke barat untuk kembali ke Jakarta dan sekitarnya.

Dirangkum oleh KompasTravel, berikut deretan pantai dan goa yang bisa Anda kunjungi saat berada di Pacitan.

1. Pantai Klayar

Pantai Klayar terletak sekitar 45 kilometer ke arah barat dari Kabupaten Pacitan, tepatnya di Desa Sendang. Terkenal dengan deretan batu karang cantik, pasir putih yang halus, dan ombaknya yang besar lantaran berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Oleh karena itu, berenang di pantai ini sebenarnya tak direkomendasikan. Waktu terbaik ke Pantai Klayar adalah saat matahari tenggelam.

2. Pantai Soge

Pantai Soge memiliki danau kecil di tengah laut yang terpisah oleh gundukan pasir putih yang membentang di tengah. Pantai ini terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan.

Danaunya tidak terlalu luas, tetapi sudah cukup untuk manuver speed boat atau kapal cepat kecil ataupun perahu wisata yang disewakan sejumlah nelayan setempat. Terdapat pula Jembatan Soge yang cocok menjadi latar berfoto.

3. Pantai Teleng Ria

Mencari pantai dengan ombak yang lebih tenang untuk berenang? Pergilah ke Pantai Teleng Ria yang berada di Kelurahan Sidhorajo. Ombak di pantai ini lebih aman untuk berenang khususnya untuk anak-anak.

Banyu Tibo, Pacitan, Jawa Timur.(KONTAN/Surtan PH Siahaan)

4. Pantai Banyu Tibo

Terkenal karena ada air terjun tawar yang keluar dari batu karang. Akan lebih menarik saat melihat pantai surut, sebab air terjun akan turun melewati pasir untuk menuju ke laut. Pantai Banyu Tibo berlokasi di Widoro, Donorojo.

5. Pantai Srau

Pantai ini terbilang unik karena memiliki tiga kondisi yang berbeda. Terdapat pantai dengan hamparan pasir putih, pantai yang dikelilingi benteng karang, kemudian hanya batu karang tanpa pasir. Hal unik lainnya, di pantai ini Anda dapat melihat matahari terbenam dan terbit. Pantai Srau berada di Desan Candi, Pringkuku.

Gua Gong, Pacitan(KOMPAS.com)

6. Goa Gong

Digadang sebagai goa tercantik di Asia Tenggara. Goa Gong terletak di Desa Bomo, Punung. Di goa ini wisatawan dapat melihat jajaran stalaktit dan stalaktit. Dinamakan Goa Gong karena salah satu stalaktit jika dipukul bersuara layaknya alat musik gong.

7. Goa Song Keplek

Anda bisa berwisata sambil belajar sejarah di Goa Song Keplek. Di sini, ditemukan artefak yang diduga peninggalan manusia purba yang tinggal di goa. Tak jauh dari Goa Song Keplek terdapat Goa Song Terus.

Pacitan juga terkenal sebagai Kota 1001 Goa, sehingga masih banyak goa yang menunggu untuk ditelusuri.

 

PenulisSilvita Agmasari

EditorSri Anindiati Nursastri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here