RAKYAT.NET, Jakarta – Rupiah semakin tak berdaya terhadap mata uang Pamansam. Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) yang semakin terjun bebas hingga capai Rp14.700, rupanya berpengaruh terhadap harga ponsel pabrikan lokal yang akan segera di luncurkan.

Head of Marketing Communication Evercross, Suryadi Willim, mengatakan bahwa lemahnya nilai rupiah terhadap dollar sangar berpengaruh bagi harga ponsel Evercoss yang beriktunya akan keluar. “Karena komponen utama seperti chipset dan baterai masih menggunakan dari vendor luar, yang transaksinya tetap menggunakan Dolar,” ujar Suryadi.

Selain itu, ia mengaku bahwa posisi vendor-vendor ponsel lokal sedang terjepit. Sebab vendor ponsel dari negara lain seperti Korea dan China sedang berlomba lomba banting harga. “Kita agak kejepit sebenarnya dengan vendor-vendor smartphone luar yang suka banting harga, sehingga disaat harga komponen naik, smartphone kita tidak bisa naik,” tambahnya.

Sementara itu, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menanggapi kondisi mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) yang terus mengalami kejatuhan hingga sesi siang hari ini. Tercatat pada sesi pembukaan perdagangan, mata uang Indonesia terpuruk hingga tembus level Rp14.700/USD.

Ketika ditanya soal pelemahan rupiah, Sri Mulyani mengaku mulai waspada mengingat rupiah terpantau semakin melemah tajam. “Kami akan terus mewaspadai dan mengawasi nilai tukar rupiah terhadap dolar,” kata Menkeu di Jakarta.

Sumber: sindonews.com