RAKYAT.NET, Jakarta – Obat herbal semakin menjadi alternatif pilihan masyarakat yang dipercaya menjadi obat alternatif dan dianggap aman karena terbuat dari bahan alami. Banyak cerita beredar di masyarakat tentang keampuhan obat herbal sebagai penyembuh penyakit yang tidak bisa disembuhkan.

Di kalangan masyarakat awam, obat herbal diabetes diyakini sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Namun secara medis penyakit diabetes tidak dapat disembuhkan secara total, bahkan dengan obat herbal yang katanya hebat sekalipun. Yang dapat kita lakukan hanyalah mengendalikannya.

Oleh sebab itu, dokter pasti akan memberikan obat-obatan yang memang telah terbukti mampu menekan kadar gula darah tetap normal. Obat dari dokter tentu sudah teruji secara klinis dalam arti telah melalui proses uji panjang dan bisa dibuktikan hasilnya pada tubuh manusia.

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat herbal:

1. Konsultasikan pada dokter

Apapun obat herbal yang akan Anda konsumsi, harus Anda konsultasikan pada dokter. Dengan begitu, dokter akan tahu dan melihat apakah obat herbal tersebut aman untuk Anda konsumsi. Jangan pernah mencoba-coba obat herbal tanpa sepengetahuan dokter Anda.

2. Cek bahan komposisi obat herbal diabetes yang Anda beli

Ini hal terpenting lainnya yang harus Anda lakukan. Ketahui apa-apa saja bahan yang terkandung di dalamnya. Bahkan jika perlu, cari berbagai penelitian atau riset yang terkait dengan bahan tersebut. apakah benar dapat menurunkan gula darah atau tidak. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter Anda dalam hal ini.

3. Pastikan izin edarnya

Sekarang ini, Anda sudah dapat langsung mengecek apakah suatu obat telah memiliki izin edar atau tidak. Pastikan bahwa obat herbal diabetes yang akan Anda beli punya izin edar yang tertera pada website resmi BPOM.

Bila obat tidak punya izin edar, maka belum teruji keamanannya dan jangan Anda pilih sebagai obat ‘sampingan’ Anda.

Sumber: hallosehat