RAKYAT.NET, Jakarta – Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik sejumlah bank mengalami masalah pekan lalu. Offline, tak bisa beroperasi normal akibat gangguan satelit Telkom 1.

Hingga Rabu, Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai regulator tetap mengawasi proses normalisasi mesin ATM tersebut.

Dilansir dari detik.com, Deputi Gubernur BI, Sugeng menjelaskan bahwa BI memonitor normalisasi mesin ATM tersebut setiap hari.

Dia menambahkan, BI terus berkomunikasi dengan pihak Telkom yang mendukung repointing dari satelit Telkom 1 ke satelit lain.

Sementara itu di waktu berbeda, BI telah membahas persoalan ini dengan OJK dan perbankan telah menyepakati action plan untuk proses normalisasi ini

“Berdasarkan informasi dari Telkom, pada Senin, sekitar 12% dari ATM yang terdampak sudah recover dan bisa digunakan,” ujarnya.

Dia mengatakan pada hari berikut diperkirakan proses recovery bisa lebih cepat dan bisa segera menormalkan ribuan ATM yang offline.

Sekedar informasi, pada Sabtu mesin ATM BCA, Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN mengalami offline mode akibat gangguan pada satelit Telkom 1.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana mengatakan seluruh bank sudah memitigasi dengan baik risiko ini.

Dia menyebut, OJK dan BI sudah bertemu dengan pihak Telkom dan berkomunikasi dengan bank yang terdampak. “Jadi nasabah bisa bertransaksi di kantor cabang bank terdekat,” ujarnya.

Sumber: detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here