Liputan6.com, Jakarta Mencuci pakaian, terlebih menggunakan mesin cuci bisa dibilang sebagai pekerjaan yang cukup ringan. Tinggal masukkan pakaian kotor beserta deterjen dan pelembut pakaian, tunggu beberapa menit, maka pakaian sudah bersih kembali dan siap dikeringkan.

Namun pekerjaan ini akan jadi sedikit berat (dan tentunya juga menyebalkan) ketika masih tersisa noda membandel yang menempel pada baju kesayangan. Dan sebelum Anda menyikat pakaian dengan bantuan deterjen penghilang noda, ketahui beberapa aturan penting yang dirangkum dari Rumah.comberikut ini.

1. Bersihkan Segera

Sebisa mungkin segera bersihkan noda yang menempel. Noda yang baru melekat lebih mudah dihilangkan daripada yang sudah menempel lebih dari 24 jam. Dan jika noda tersebut sudah terlanjur menempel lama maka Anda harus lebih sabar karena butuh waktu yang agak lama untuk menghilangkan noda tersebut.

2. Langkah Pertama

Untuk noda cairan yang baru tumpah, gunakan bantuan kain lap putih atau tisu bersih agar cairannya teresap. Setelah itu usahakan untuk mengeringkan sambil terus meresap sisa noda dengan kain bersih.

Hindari menggosok daerah yang terkena noda dengan handuk atau kain berwarna gelap karena bisa menyebabkan warna luntur dan memperparah noda.

Sementara untuk noda yang bersifat kental, hilangkan sisa noda dengan mencungkil perlahan menggunakan ujung sendok. Jangan pernah menekan noda padat seperti mustard atau sambal karena hanya mendorong noda lebih dalam ke serat kain. Sementara noda seperti lumpur lebih mudah dihilangkan ketika mengering.

3. Gunakan Air Dingin

Ketika mengusir noda dari kain, gunakan air dingin khususnya untuk noda yang tidak Anda ketahui penyebabnya. Air panas dapat membuat noda yang mengandung protein seperti susu, telur atau darah menjadi lebih lekat pada serat kain. Di sisi lain, air panas bisa bekerja mengusir noda dengan baik pada serat pakaian seperti poliester.

4. Lewati Penggunaan Sabun

Ketika baju terkena noda, biasanya yang terlintas di pikiran adalah mengambil sabun untuk membersihkannya lebih efektif. Padahal sabun mengandung komposisi kimia yang memicu noda baru. Sebaiknya, cukup bersihkan dengan air mulai dari bagian depan dan belakang kain untuk mendorong noda keluar dari serat.

5. Bersihkan Perlahan

Sebelum memasukkan pakaian ke mesin cuci, bersihkan sisi yang kotor dengan menuangkan beberapa tetes cairan penghilang noda. Anda tak perlu menguceknya terlalu kencang kecuali kain tersebut terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama seperti denim.

Mengucek kain juga bisa membuat noda menyebar luas dan membahayakan kerapatan serat. Ketahuilah bahwa mendorong kotoran dari belakang kain di bawah air mengalir justru lebih efektif mengusir noda.

6. Setelah Mencuci

Ketika pakaian sudah kering dari jemuran, cek apakah kotoran sudah benar-benar hilang. Jangan menyetrika kain yang masih mengandung noda karena justru membuat noda melekat permanen.

Isnaini Khoirunisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here