RAKYAT.NET, Jakarta – National Aeronautics and Space Administration (NASA), lembaga pemerintah milik Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas program luar angkasa Amerika Serikat dan penelitian umum luar angkasa jangka panjang.

Nasa bertanggung jawab atas program penelitian luar angkasa bagi masyarakat sipil, aeronautika, dan program kedirgantaraan.

NASA, meminta semua orang yang ada di berbagai penjuru dunia untuk ikut serta dalam proyeknya. Mereka diminta untuk memotret langit dari tempat mereka tinggal. Setelahnya, kirimkan gambar tersebut kepada mereka melalui sebuah aplikasi.

Proyek sains ini diperlukan untuk memvalidasi data dari enam instrumen pengamatan Bumi di satelit yang berbeda. Instrumen tersebut merupakan bagian dari sebuah proyek yang disebut Clouds and the Earth’s Radiant Energy System (CERES).

Tujuan penyelenggaraan proyek ini yaitu untuk memahami peran awan dalam perubahan iklim global.

Terkadang, awan sulit dikenali dari ketinggiannya. Misalnya, awan tipis cirrus — jenis awan yang paling umum ada di langit — sulit dikenali apabila salju turun, menurut NASA. Itu sebabnya, pengamatan dari satelit harus dibandingkan dengan pengamatan dari Bumi. Demikian seperti laporan yang dikutip dari The Verge, Sabtu (17/3/2018).

Jika Anda ingin berpartisipasi, cara termudah adalah dengan mengunduh aplikasi GLOBE Observer, yang memberi petunjuk untuk mengirimkan foto awan di kota tempat Anda tinggal.

Aplikasi tersebut akan menanyakan segala sesuatu tentang foto awan yang Anda unggah, mulai dari warna langit (biru tua sampai biru pucat) hingga jarak penglihatan (sangat jelas sampai sangat kabur), dan tentu saja, jenis awan yang Anda lihat.

Bagi Anda yang masih awam dengan jenis awan di langit, tak perlu khawatir. Pasalnya, aplikasi ini memiliki beberapa gambar awan yang bisa membantu Anda untuk mengidentifikasi.

Apabila Anda memotret awan itu saat satelit — dengan instrumen CERES – melayang di atasnya (Anda dapat memeriksanya di aplikasi), maka NASA akan mengirimkan hasil pengamatan luar angkasanya untuk dibandingkan dengan foto Anda.

Sumber: wikipedia.com, liputan6.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here