RAKYAT.NET, Adelaide – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan Roscosmos, lembaga antariksa Rusia, telah menandatangani kesepakatan baru untuk misi luar angkasa selanjutnya. Hal tersebut diumumkan dalam acara International Aeronautics Congress di Adelaide, Australia, pekan lalu.

Misi tersebut adalah membangun stasiun antariksa internasional (ISS) baru di dekat bulan. Dan rencananya, stasiun tersebut akan dibangun pada 2020. “Ini adalah misi lanjutan eksplorasi antariksa,” kata Robert Lightfott, pejabat NASA, seperti dilansir laman berita Popular Science, Jumat, 29 September 2017.

Banyak alasan untuk membangun “ISS baru” di dekat bulan. Dari sisi eksplorasi, ini membuat kita cukup dekat untuk mengendalikan wahana. Bulan, menurut tim NASA, juga memiliki landasan struktur yang efisien bagi banyak jenis misi.

NASA dan Roscosmos telah memilih enam perusahaan swasta untuk mengembangkan prototipe habitat misi ini. Di antaranya, yaitu Deep Space Gateway dan Deep Space Transport, Bigelow Aerospace, Boeing, Lockheed Martin, Orbital ATK, Sierra Nevada Corporation’s Space Systems, dan NanoRacks. Lockheed Martin baru-baru ini mengumumkan rencana untuk membangun pendaratan di bulan juga sesuai dengan visi mereka untuk Deep Space Gateway.

Menurut NASA, pembangunan ISS baru ini sangat diperlukan lantaran ISS lama sudah bekerja terlalu lama dan cukup dikuras. Meski misinya diperpanjang hingga 2024, wahana tersebut akan terus menua. “Tidak cukup untuk memulai misi hidup di antariksa,” tulis NASA dalam keterangan resmi.

Pembangunan ISS baru di dekat bulan untuk menguji berbagai teknologi antariksa. Di dekat bulan, yang jauh dari medan magnet pelindung bumi, memiliki radiasi yang lebih kuat. Kondisi ini jelas cocok untuk simulasi kehidupan antarplanet.

Selain Amerika Serikat dan Rusia, kabarnya ada beberapa negara yang akan bergabung, seperti Kanada, Jepang, dan Eropa. Selama ini, negara-negara tersebut sudah banyak terlibat dalam misi ISS. “Kerja sama kami sudah mapan,” ujar Lightfott.

Sumber: tempo.co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here