RAKYAT.NET, Jakarta – Dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan RI, Transjakarta memberikan pelayanan cuma-cuma kepada pelanggan. Pelanggan gratis naik TransJakarta di seluruh koridor selama 8 hari mulai tanggal 17 Agustus 2018 besok.

“Layanan gratis di hari libur nasional dan setiap akhir pekan selama Asian Games 2018,” kata Direktur Utama Transjakarta Budi Kaliwono.

Pelayanan cuma-cuma itu untuk tanggal 17-19 Agustus, 22 Agustus, 25-26 Agustus dan tanggal 1-2 September 2018. Layanan gratis berlaku di seluruh koridor.

Untuk layanan gratis, pelanggan Transjakarta hanya perlu menempelkan kartu elektronik mereka masing-masing di gate. Saldo pelanggan tidak akan dipotong ketika melakukan tapping.

Selain menyambut HUT RI, pelayanan gratis ini juga diberikan PT Transjakarta untuk mendukung pelaksanaan Asian Games 2018. Mengingat selama pelaksanaan Asian Games, Pemprov DKI Jakarta menerapkan kebijakan pembatasan kendaraan pribadi dengan sistem ganjil-genap yang diperluas di beberapa kawasan.

Pemanfaatan layanan Transjakarta sebagai moda transportasi juga akan efektif mengurangi kemacetan sehingga target waktu tempuh atlet tercapai. Ia juga meyakini program gratis naik Transjakarta selama delapan hari ini akan menambah jumlah pelanggan Transjakarta.

“Saat ini Transjakarta telah melayani lebih dari 620 ribu pelanggan dalam pelayanan satu hari,” katanya.

Untuk mendukung Asian Games pula, Transjakarta menyiapkan 1.750 bus layanan reguler, serta layanan dengan rute khusus untuk memfasilitasi masyarakat menuju venue-venue pertandingan. Seperti Stasiun Palmerah-Gelora Bung Karno.

Selain itu ada 350 unit bus khsus yang disiapkan Transjakarta untuk melayani atlet dan official Asian Games. Bus tersebut untuk mengantar-jemput para atlet dari Wisma Atlet ke venue-venue dan sebaliknya.

Sumber: detik.com