RAKYAT.NET, Semarang – Arus balik menuju Jakarta terpantau mulai mengalir hari ini. Sebagai antisipasi terjadinya kemacetan, petugas dan pihak pengelola akan mengadakan rekayasa lalu lintas dengan penutupan sementara. Dan akan resmi dibuka besok pagi.

Tol fungsional Kali Kenteng yang pada masa angkutan Lebaran digunakan untuk arus mudik akan ditutup pada pukul 22.00 WIB, Minggu (17/6/2018) malam. Penutupan sebagai persiapan untuk arus balik yang secara resmi akan dibuka esok hari tepat pukul 06.00 WIB.

Pembukaan jalur bebas hambatan fungsional untuk arus balik akan dilakukan oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono bersama Pangdam IV/Diponegoro. Titik awal pembukaan tepat berada satu kilometer sebelum Jembatan Kali Kenteng dari arah interchange Colomadu.

“Untuk persiapan besok, tol fungsional rencananya pukul 22.00 WIB ditutup untuk arus mudik. Ditutup sampai pukul 06.00 WIB tanggal 18 Juni untuk grand opening arus balik. Seremoni pembukaan di Kali Kenteng, pas tanjakan terakhir,” kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jateng, Kombes Pol Bakharuddin, Minggu (17/6/2018).

Dengan penutupan tol fungsional untuk arus mudik, maka kendaraan pemudik yang akan melintas akan diarahkan ke jalur lain. Seluruh tol fungsional yang sebelumnya untuk arus mudik, mulai besok digunakan sebagai arus balik. Pemberlakuan jalur itu akan dilakukan hingga masa Operasi Ketupat Candi 2018 berakhir.

“Arus mudik sudah enggak boleh lewat situ (tol fungsional) lagi, harus lewat Arteri. Nanti sambil melihat kepadatan arus balik. Sebenarnya belum ditentukan sampai kapan, tapi kalau Operasi Ketupat sampai 24 Juni. Bilamana tidak ada kepadatan arus lalin ya sesuai jadwal operasi,” terangnya.

Sumber: sindonews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here