Jakarta – Mulai Senin (10/7) mendatang seluruh penerbangan maskapai internasional Saudi Arabian Airlines akan dipindahkan ke Terminal 3 BandaraInternasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Sebelumnya, maskapai milik negara Arab Saudi ini beroperasi di Terminal 2 Bandara Soetta.

Menjelang perpindahan Saudi Arabian Airlines ke T3, PT Angkasa Pura (AP) II dan pihak maskapai pun melakukan berbagai persiapan. “Dari sisi pelayanan dan fasilitas, baik dari sisi airside dan landside sudah kami persiapkan,” kata Senior General Manager Bandara Soetta, M. Suriawan Wakan, Jumat (7/7) seperti dilansir Detik.

Seperti halnya di Terminal 2, nantinya Saudi Arabian Airlines akan melayani beberapa rute seperti Jeddah, Riyadh, dan Madinah di Terminal 3. Seluruh penerbangan Saudi Arabian Airlines tersebut akan dioperasikan dengan pesawat wide body Boeing 777-300 ER.

Terminal 3 Internasional Bandara Soetta telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas digital seperti Baggage Handling System (BHS), layar Flight Information Display System (FIDS) dengan teknologi paling modern, demikian pula dukungan aplikasi smartphone yang bisa memudahkan penumpang pesawat atau pengunjung bandara mencari tempat parkir, memesan parkir inap, reservasi taksi, melihat jadwal penerbangan, dan masih banyak lagi.

Lebih lanjut Wakan menjelaskan bahwa Terminal 3 juga dilengkapi 64 konter imigrasi yang terdiri dari 32 konter imigrasi di keberangkatan dan 32 konter di kedatangan. Kemudian ada pula total 32 autogate imigrasi dengan masing-masing sejumlah 15 autogate di keberangkatan dan 17 autogate di kedatangan. “Kita juga sudah menerapkan common use check-in counter system yang juga sudah diterapkan bandara terbaik di dunia,” papar Wakan.

Dari sisi keamanan, di bagian security check poin sebelum masuk area imigrasi disediakan 12 unit x-ray dan 6 unit body scanner untuk mendukung keamanan dan keselamatan terminal maupun penerbangan. Beberapa tenant makanan dan minuman pun telah membuka gerai untuk memenuhi kebutuhan penumpang rute internasional di Terminal 3.

Pihak PT AP II tak lupa menambahkan fasilitas penunjang di Terminal 3 Soetta seperti check-in counter, free wifi, free internet booth, free charging booth, contact stand, ground support system (GSS), dan nantinya juga disediakan self check-in di internasional. “Prinsipnya pelayanan di Terminal 3 dipastikan akan lebih baik sehingga akan memberikan nilai tambah bagi pengguna jasa bandara,” ungkap Wakan.

Usai Saudi Arabian Airlines, sejumlah maskapai lainnya seperti Vietnam Airlines, Korean Air, dan Xiamen Air juga akan memindahkan segala operasional penerbangannya ke Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Sumber : bandarasoekarnohatta.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here