RAKYAT.NET, Jakarta – Plastik sangat berbahaya bagi lingkungan sebab sulit terurai dan mengandung partikel-partikel kimia berbahaya. Oleh sebab itu, Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat akan menerapkan larangan penggunaan kantong plastik dalam pelayanan konsumen di setiap toko modern dan pusat perbelanjaan (ritel). Aturan ini rencananya akan diterapkan pada 1 Desember 2018.

“Mulai 1 Desember kami sosialisasikan, seminggu beberapa kali dalam dua atau tiga bulan terakhir,” kata Wali Kota Bogor Bima Arya seperti dilansir dari Antara, Rabu (31/10).

Menurut Arya, sosialisasi tersebut menyasar komunitas, sekolah-sekolah, organisasi masyarakat, ibu-ibu pengajian dan peritel. Dan, dia mengklaim, aturan ini akan mendapatkan respon positif dari masyarakat dan ritel.

Sejauh ini alternatif pengganti kantong plastik yang menjadi tantangan. Sebab beberapa opsi yang Pemkot Bogor ketahui memang masih mahal. Untuk itu, Arya mengatakan, akan menyempatkan waktu di sela-sela OOC 2018 mencari alternatif pengganti kantong plastik tersebut.

Arya menegaskan, pada tahapan ini adalah saat di mana warga Kota Bogor harus mau membawa kantongnya sendiri saat berbelanja, dan tidak lagi menggunakan kantong plastik. Pemkot Bogor juga akan membuka celah pada para ibu serta Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk membuat kantong-kantong ramah lingkungan pengganti plastik.

Sumber: merdeka.com, Antara