RAKYAT.NET, Jakarta – Mudik ke daerah asal telah menjadi budaya masyarakat Indonesia sejak lama. Moda angkutan darat masih mendominasi transportasi pilihan masyarakat. Sebagian masyarakat masih memilih mudik dengan sepeda motor roda dua. Bagi Anda yang ingin mudik dengan motor roda dua sebaiknya memperhatikan hal-hal sbb:

Selain menyiapkan kondisi sepeda motor sebelum mudik, ada hal lainnya yang juga perlu diperhatikan, yaitu mengenali kenali rute mudikmu. Pahami benar titik-titik penting sepanjang jalur mudikmu.

Pertama, pilih rute mudik yang nyaman serta efisien. Setidaknya Anda paham dengan tempat-tempat vital seperti SPBU, rest area, pos keamanan dan kesehatan, serta tempat makan.

Anda juga harus paham karakter jalan yang akan dilalui. Apakah rute yang akan dilewati juga dilewati kendaraan besar atau tidak. Sehingga bisa mengantisipasi sebelumnya untuk terhindar dari hal yang tak diinginkan.

Saat melintasi jalan yang bergelombang ataupun perlintasan kereta api, pelankan laju kendaraan. Agar nyaman, saat melintasi jalan seperti ini angkat sedikit pinggul dari jok namun tak sampai berdiri di atas motor.

Saat perjalanan mudik, jangan membuat manuver mendadak yang akan membuat pengendara lain kaget. Saat menikung, usahakan gas stabil, tidak mengerem saat berada di tikungan. Posisikan badan senyaman mungkin saat menghadapi tikungan yang bergelombang dan jangan panik.

Waspadai juga terhadap kepadatan yang diakibatkan oleh pasar tumpah yang biasanya bermunculan saat mendekati hari raya.

Jika merasa lelah, jangan memaksakan diri. Istirahatlah di tempat yang aman dan mudah dipantau. Ingat, jangan memaksakan berkendara lebih dari 2 jam.

Bahkan, saat sudah dekat dengan tempat tujuan tetaplah berkendara dengan aman. Jangan terlampau senang dan gembira , sebab banyak kasus kecelakaan justru saat pemudik hampir tiba di tempat tujuan, karena kurangnya konsentrasi.

Sumber: liputan6.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here