RAKYAT.NET, Jakarta – Busway merupakan transportasi masal yang dikenal oleh semua warga Jakarta sebagai transportasi murah dan terjangkau. Dan busway juga memiliki jalur khusus sehingga walaupun jalur kendaraan lain macet, jalur busway yang steril pasti lancar.

Namun tak jarang calon penumpang harus rela antre menunggu busway datang. Keterlambatan jadwal kedatangan tiap busway berbeda-beda dan masih kurang teratur. Apalagi jika ada hambatan macet di jalur busway karena mobil-mobil pribadi bahkan truk kontainer masuk jalur busway yang seharusnya steril terhadap kendaraan lain.

Jumat, 5/7/2019 terjadi kemacetan di jalur busway jurusan Tanjung Priok hingga belokan putaran Kolong, Kelapa Gading. Terlihat dari halte busway Plumpang Pertamina, beberapa mobil pribadi dan truk kontainer memacetkan jalur busway pagi tadi.

Petugas terlihat sesekali mengadakan rasia dan memberi sangsi berupa tilang terhadap para pelanggar lalulintas terutama pelanggar di jalur busway. Masyarakat berharap agar di jalur busway selalu ditempatkan beberapa petugas jaga sehingga kendaraan lain tidak berani masuk jalur yang seharusnya diperuntukkan sebagai jalur busway.