RAKYAT.NET, Jakarta – Mie instan, merupakan sajian keluarga yang praktis. Cepat memasaknya dan banyak orang menyukainya. Namun dibalik kepraktisan itu mie instan bisa membahayakan kesehatan. Apalagi jika dikonsumsi sangat berlebihan.

Dilansir dari boldsky.com, mie instan merupakan sajian yang kurang baik untuk tubuh. Inilah penjelasan mengapa kita sebaiknya tidak mengkonsumsinya terlalu berlebihan.

Rendah protein dan serat
Mie instan merupakan makanan olahan yang rendah protein dan serat. Sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa menyebabkan penambahan berat badan.

Menyebabkan sindrom metabolik
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang makan mie instan lebih dari 2 kali dalam seminggu memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena sindrom metabolik dibandingkan dengan mereka yang jarang makan mie. Gangguan ini tentu saja bisa menyebabkan penambahan berat badan.

Mengandung lemak jenuh
Makanan olahan seperti yang kamu tahu mengandung lemak jenuh. Makanan ini juga kaya akan zat artifisial dan minyak yang tidak baik untuk kesehatan tubuhmu.

Mengandung MSG
MSG merupakan zat penguat rasa pada makanan olahan. Terlalu banyak makan MSG bisa menyebabkan kenaikan berat badan, tekanan darah meningkat, sakit kepala, dan mual.

Tinggi garam
Terlalu banyak konsumsi garam memiliki efek negatif untuk kesehatan tubuh seperti menyebabkan peningkatan tekanan darah dan risiko penyakit kardiovaskular.

Mengandung propylene glycol
Zat ini memiliki fungsi agar membuat mie tetap awet dan kering sehingga tidak mudah rusak. Terlalu banyak zat ini dalam tubuh dan menumpuk di ginjal, jantung, atau lever tentu saja akan membahayakan kesehatan tubuhmu.

Sumber: merdeka.com, boldsky.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here