RAKYAT.NET, Jakarta – Indonesia memiliki kekayaan budaya luar biasa. Setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Demikian pula dalam bidang kuliner. Berbagai macam kuliner dari berbagai daerah telah dikenal secara nasional maupun internasional.

Mie Aceh, jenis kuliner khas Aceh. Ciri khas apa yang membedakan mie Aceh dengan mie lain? Terus terang tidak ada penjelasan atau sejarah detil perjalanan ketenaran mie Aceh. Namun jika kita lihat komposisi sajiannya, mie Aceh merupakan kuliner perpaduan antara masakan Aceh, India, dan Cina.

Mie Aceh, masakan mie yang berkuah kental penuh dengan keharuman dan kelezatan rempah-rempah khas Aceh. Dengan daging sapi dipadukan dengan seafood semakin lengkap kelezatannya.

Dengan mie merupakan makanan tradisional khas Cina. Kuah kental pada mie Aceh identik dengan masakan berkuah kari kental dari India. Sementara rasa rempah yang sangat kuat didapatkan dari Aceh yang memang dikenal dengan aneka rempah yang sangat kaya.

Demikian pula daging sapi yang tidak lepas dari pengaruh nilai-nilai Islami. Sangat identek dengan Aceh yang dikenal sebagai kota Serambi Mekah. Selain daging sapi, mie Aceh kerap menggunakan seafood yang menandakan Aceh dikelilingi dengan lautan luas seperti Selat Malaka, Laut Andama, dan Samudera Hindia. Jadi tidak heran, kalau umat Muslim menganggap makanan ini sebagai sajian kuliner mie yang terjamin kehalalannya.

Foto: andy s