RAKYAT.NET, Jakarta – Memiliki anak yang sehat, pintar dan kreatif menjadi dambaan setiap orang tua. Apalagi di era yang semakin maju seperti sekarang setiap orang tua dituntut dapat menyediakan sarana dan prasarana pendukung untuk menghasilkan anak-anak yang sehat, pintar dan kreatif.

Selain kesehatan dan kepintaran, kreatifitas sangat dibutuhkan anak-anak kita untuk menghadapi persaingan di saat mereka dewasa. Berikut tips untuk merangsang kreativitas pada anak:

1. Beri kebebasan bermain

Bermain merupakan sarana untuk menumbuhkan kreativitas anak. Oleh sebab itu sangat disarankan agar para orang tua mengenalkan pada anak sedini mungkin jenis-jenis permainan yang beragam. Baik mainan tradisional maupun mainan modern dan pastikan mainan tersebut aman untuk anak-anak.

2. Biarkan anak berimajinasi

Salah satu cara melatih imajinasinya yaitu dengan membacakan buku baik berupa buku dongeng ataupun buku pengetahuan lainnya. Dan biarkan anak berekspresi memerankan tokoh dalam dongeng tersebut.

3. Berikan pertanyaan-pertanyaan sederhana

Cobalah memberikan pertanyaan-pertanyaan sederhana yang dapat mendorong untuk berekspresi baik secara verbal maupun non-verbal. Ini apa ya? Ini warna apa ya? Ini terbuat dari apa? Dan biarkan mereka menjawab dengan apa adanya. Jangan langsung menyalahkan jika jawaban salah, tetapi tetap beri pujian dan beri contoh jawaban yang benar.

4. Bebaskan anak mencoba sesuatu

Rasa ingin tahu pada anak-anak sangat bagus untuk menumbuhkan kreativitas anak. Jangan melarang anak-anak mencoba sesuatu. Namun juga kita sebagai orang tua harus tetap waspada dan mengawasinya. Jika anak-anak melakukan hal yang berbahaya, kita boleh melarangnya dengan halus dan memberi penjelasan mengapa tidak boleh melakukan hal yang berbahaya tersebut.

5. Jangan dipaksa

Jika anak kita belum menunjukkan bakat atau kreativitas, jangan terlalu memaksanya. Semua butuh proses dan waktu. Amati apa yang dia sukai dan berikan stimulus untuk memancing kreativitasnya keluar.

6. Ajak ke tempat-tempat umum yang belum pernah dia kunjungi

Berikan waktu khusus untuk anak-anak kita dengan mengajaknya ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi seperti museum, kebun binatang, dan tempat rekreasi lainnya. Jika memungkinkan ajak mereka ke persawahan, kebun, peternakan, atau pasar tradisional. Dengan semakin banyak kita mengenalkan ke tempat-tempat baru akan merangsang anak untuk berfikir, mengingat, menambah pengalaman serta menambah wawasan yang membuatnya makin percaya diri dan semakin kreatif.

7. Beri pujian

Selalu memberikan pujian jika anak melakukan sesuatu yang keratif. Pujian merupakan dorongan kepada anak untuk berani berekspresi dan sangat baik untuk menumbuhkan kreativitas.

Foto: miafauzia