Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP). Budi membandingkan Tenaga Kerja Laut RI dengan Filipina.

“Komparasi baik di mana Indonesia menjadi salah satu sumber suplai tenaga kerja laut besar dengan 400 ribu orang. Tapi kita iri dengan Filipina yang bisa suplai tenaga 4 juta orang,” kata Budi di sela-sela kunjungannya di STIP, Marunda, Jakarta Utara, Minggu (16/7/2017).

Meski begitu Budi mengatakan tenaga kerja laut di Indonesia menjadi primadona di Eropa dan Amerika. Selain Amerika dan Eropa, China juga meminta tenaga kerja laut dari Indonesia.

“Yang banyak itu ke Eropa sama ke Amerika. Terutama Eropa, karena Eropa itu kan memang banyak negara yang memang punya kapal secara internasional yang bahkan juga China yang dengan adanya itu, mereka mendapatkan tenaga-tenaga kerja terlatih,” tutur Budi.

Budi menjelaskan kemampuan tenaga kerja laut di Indonesia sama dengan negara lain, termasuk Filipina. Menurutnya yang membedakan hanya kemampuan dalam berkomunikasi secara internasional terutama kelihaian menggunakan bahasa Inggris.

“Kita nomor dua tapi saya pikir dengan fasilitas seperti ini di Filipina enggak ada. dan kita juga mampu. kita tinggal meningkatkan kemampuan komunikasi saja,” ucapnya.

(bag/bag)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here