RAKYAT.NET, Jakarta – Satu hal yang wajib diperhatikan oleh kita semua, pengguna kartu kredit. Terutama kaum ibu yang hoby belanja dengan kartu kredit. Mengapa? Sebab menjelang Lebaran, berbagai bank penerbit kartu kredit gencar melakukan berbagai promosi.

Beberapa tips berikut membantu Anda untuk menjaga agar tagihan kartu kredit tidak membengkak.

1. Rencanakan budget maksimal belanja Lebaran Anda.

Dengan menetapkan budget maksimal belanja maka akan menolong kita membatasi pengeluaran untuk Lebaran. Dengan perencanaan, maka kita dapat membatasi pengeluaran sebatas uang yang kita miliki. Dengan demikian kita akan terhindar nafsu belanja dengan kartu kredit.

2. Belanja keperluan Lebaran dengan uang cash.

Belanja keperluan Lebaran dengan uang cash merupakan tips sederhana namun sangat jitu. Sebab ketika kita berkomitmen belanja dengan uang cash maka maksimal belanja akan disesuaikan dengan uang cash kita sediakan. Dan jika uang cash tersebut habis, hentikan keinginan untuk melanjutkan belanja dengan kartu kredit.

3. Buat daftar barang yang ingin dibeli berdasarkan prioritas.

Dengan membuat daftar barang yang ingin dibeli sesuai prioritas maka kita akan terhindar dari pemborosan belanja barang yang memang tidak mendesak untuk dibeli. Dan dengan cara mencoret nama barang yang sudah dibeli sesuai urutan daftar prioritas sangat membantu kita untuk tidak membeli barang-barang yang tidak ada dalam daftar prioritas belanja kita.

Demikian tips menghindari pembengkakan tagihan kartu kredit pasca Lebaran. (Red.)