RAKYAT.NET, Jakarta – Semua serba online. Semua bisnis bergeser ke arah online. Budaya online telah mewabah ke semua negara. Indonesia pun tak ketinggalan.

Masyarakat Indonesia heboh ingin berbisnis online. Buku-buku tutorial bisnis online laris di pasaran. Tulisan di berbagai blog maupun website yang membahas bagaimana berbisnis online mendapat kunjungan pembaca tinggi.

Beberapa tahun terakhir, toko-toko tradisional di Indonesia mulai tergeser oleh toko online yang kian hari makin memangkas pangsa pasar toko manual. Beberapa gerai atau toko modernpun terpaksa tutup tak kuasa menahan gempuran toko online.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis online, saat ini kita semakin dimudahkan dan bahkan tak perlu repot membuat website sendiri, maintenance sendiri. Kita tinggal memilih bergabung dengan satu atau beberapa platform toko online sekaligus.

Cukup mendaftar dan memenuhi berbagai persyaratan yang ditentukan, dan jika sudah diverifikasi bisnis manual Anda pun segera listing atau segera online. Calon pembeli dari luar daerah pun bisa menjadi pelanggan Anda.

Ilustrasi: sulusiukm