RAKYAT.NET, Jakarta – Telur merupakan makanan yang tak asing bagi masyarakat Indonesia. Telur menjadi bahan makanan yang mudah ditemui di berbagai tempat. Dan telur sangat mudah diolah menjadi berbagai macam olahan masakan.

Inilah manfaat telur bagi tubuh :

1. Menjaga Kesehatan Mata

Mengonsumsi telur dapat menghambat proses penuaan. Sebab telur memiliki kandungan dua antioksidan, yaitu leutin dan zeaxanthin. Keduanya terbukti secara ilmiah bisa bantu memperbaiki kerusakan retina.

Selain itu, antioksidan di dalam telur juga bisa membantu menurunkan resiko katarak dan melindungi fungsi mata secara keseluruhan. Ada juga kandungan vitamin A di dalam telur yang turur menjaga ketajaman penglihatan dan melindungi mata dari kerusakan.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Telur merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik. Salah satu jenis protein yang dikandungnya adalah kolagen dan elastin. Dua protein inilah yang memegang peranan sangat besar dalam menjaga kekencangan, kelembutan kulit, dan melawan proses penuaan dini.

 

3. Menjaga Kesehatan Kuku

Selain kandungan proteinnya yang sangat baik, ada kandungan baik di dalam telur lainnya seperti vitamin D, asam amino, zat besi, dan zinc. Keseluruhan kandungan nutrient ini merupakan zat pembangun yang berkontribusi untuk kesehatan kuku.

4. Untuk Pertumbuhan Rambut yang Sehat

Manfaat telur lainnya yang bisa kamu rasakan bila mengosumsinya secara rutin adalah bisa bantu dalam pembentukan otot dan pertumbuhan rambut. Hal ini dikarenakan adanya kandungan protein yang cukup tinggi pada satu butir telur. Seperti yang telah diketahui bahwa protein sangat diperlukan untuk membangun sel-sel di dalam tubuh.

5. Membantu Kinerja Otak

Telur sangat baik untuk kesehatan otak. Dalam sebuah telur terdapat kandungan senyawa bernama kolin sebagai zat pembangun dan penunjang kerja.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Telur mengandung kandungan omega-3. Senyawa ini merupakan salah satu lemak baik yang mampu memerangi kolesterol jahat dalam tubuh. Perlu diketahui, kalau kadar lemak baik di dalam tubuh semakin tinggi, maka akan semaki rendah orang tersebut beresiko mengelami penyakit jantung. Jadi konsumsi telur sangat baik bagi kesehatan jantung.

Foto: kompas