Bintang.com, Jakarta Salah satu olahraga yang paling digemari adalah renang. Banyak orang yang menyukai olahraga ini karena kabarnya bisa mempercepat pertumbuhan anak, selain dengan bermain basket. Tidak heran jika orang-orang yang rutin berenang sejak kecil tumbuh besar dengan sehat. Postur tubuhnya pun tegap dan kebanyakan sangat langsing. Karena itu, renang menjadi salah satu pilihan yang sempurna.

Tapi, ada juga orang-orang yang ogah berenang. Selain karena tidak punya kemampuan, mereka justru takut menjadi gemuk. Pemikiran ini muncul setelah mereka melihat banyak atlet renang yang dadanya sangat bidang, termasuk atlet perempuan. Dada yang terlalu bidang bagi perempuan menjadi hal yang sangat dihindari bagi kaum hawa.

Tapi, renang tetap menjadi olahraga yang harus kamu lakukan. Paling tidak tiga kali dalam seminggu. Banyak orang yang belum tahu apa saja manfaat dari berenang. Mereka hanya tahu berenang dapat membakar lemak dan juga bisa membuat anak-anak menjadi lebih tinggi. Namun, ternyata ada banyak manfaat lain bagi kesehatan. Buat kamu yang penasaran, langsung saja simak bahasannya berikut ini.

Seluruh ototmu akan menjadi kuat. Banyak orang lebih memilih lari dari pada berenang untuk membakar lemak. Tapi, ketika kamu berlari, otot kaki, paha dan pantat saja yang akan terbentuk. Sementara renang melatih seluruh otot tubuhmu. Renang adalah salah satu olahraga yang menggerakkan dan melatih hampir seluruh anggota tubuhmu. Ketika kamu berenang, kaki dan tanganmu jelas terlatih. Otot paru-paru pun juga ikut terlatih. Ketika kamu melakukan gaya bebas, punggungmu akan tertarik dan otot perutumu juga ikut kencang.

Membantu tubuhmu untuk tetap lentur.

Gerakan-gerekan renang sebenarnya banyak yang mirip dengan stretching. Bukan hanya itu, ketika kamu berenang, secara tidak langsung kamu juga memutar, meregangkan, dan menarih tubuhmu agar bisa berenang maju. Tanpa kekuatan dari tarikan tangan dan tendangan kaki di dalam air, tubuhmu tidak akan bergerak dalam air. Makanya, semua gerakan ini ternyata juga bisa membuat tubuhmu menjadi lebih fleksibel dan lentur.

Mengurangi peradangan.

Menurut sebuah penelitian, seperti yang dilansir dari Lifehack.org, renang ternyata juga bisa mengurangi peradangan yang bisa menimbulkan atherosclerosis atau penyakit arteri yang ditandai dengan pengendapan lemak pada dinding arteri, di dalam jantung. Dengan mengurangi peradangan ini, perkembangan penyakit pada daerah lain juga bisa teratasi.

Berenang juga bisa bikin kamu langsing.

Semua orang tahu tentang ini. Tapi tidak banyak yang tahu kalau renang adalah olahraga yang paling efisien untuk membakar lemak, bahkan membakar kalori lebih cepat dari lompat tali dan lari di treadmill. Memang, intensitas pembakaran lemak tergantung dengan gaya yang kamu pilih. Gaya dada yang dilakukan selama 10 menit bisa membakar 60 kalori. Gaya punggung yang dilakukan dalam durasi yang sama bisa membakar lemak hingga 80 kalori. Kalau kamu ingin cepat langsing, lakukan gaya kupu-kupu selama 10 menit. Karena akan bisa membakar 150 kalori! Bandingkan dengan berlari selama 10 menit yang hanya sanggup membakar 100 kalori.

Bisa mengurangi asma.

Ketika kamu berenang, kamu diharuskan mengatur napas. Gerakan renang pun menguatkan otot yang ada di sekitar jantung dan paru-paru. Karenanya, menurut sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2009, anak-anak yang berenang selama enam minggu, gejala asmanya berkurang. Selain itu mereka juga tidak lagi mendengkur.

Banyak tekanan dan stres? Berenanglah!

Seperti yang dilansir dari Lifehack.org, berenang juga bisa menghasilkan hormon endorfin yang bisa membuatmu bahagia. Dalam artikel yang sama, mereka menyebutkan kadar kebahagiaan dan ketenangannya pun sama dengan ketika kamu melakukan yoga. Terlebih lagi, penelitian yang dilakukan lima tahun lalu menunjukkan bahwa berenang juga bisa mengurangi stres, dengan cara membalikkan kerusakan otak melalui sebuah proses yang dinamakan hippocampal neurogenesis.

Berenang ternyata juga bisa bikin kamu cerdas.

Sebuah penelitian di Australia menunjukkan bahwa anak-anak yang berenang secara rutin mampu menguasai perkembangan bahasa, memiliki motorik yang bagus, lebih percaya diri, dan pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan dengan anak-anak yang tidak berenang.

Nah, itu dia enam manfaat renang menurut berbagai penelitian. Mulai sekarang, jangan hanya lari, kamu juga harus berenang. Karena dengan berenang kamu bisa lebih banyak membakar lemak dalam waktu yang lebih singkat. Kalau kamu belum bisa berenang, kenapa tidak mengambil kelas renang? Usia yang sudah dewasa juga bukan menjadi batasan untuk belajar, kan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here