RAKYAT.NET, Jakarta – 8.000 ATM lebih terganggu sebagai akibat gangguan satelit Telkom 1.

Gangguan transponder satelit Telkom 1 menyebabkan gangguan beberapa fasilitas Anjungan Tunai Mandiri (ATM) perbankan di Indonesia. Tercatat ada sebanyak 8.800 ATM bank besar yang mengalami dampak gangguan satelit ini.

Gangguan terbanyak dialami BCA yaitu sebanyak 5.000 ATM dan 100 kantor kas. Disusul Mandiri sebanyak 2.000 ATM dari total 17.695 ATM.

1.500 ATM BNI juga mengalami gangguan dari total 16.000 ATM. Sementara itu ATM BRI yang terganggu hanya sekitar 300 ATM dari total ATM sebanyak 20.000 ATM.

ATM BRI tak banyak mengalami gangguan sebab ATM bank berkode BBRI ini sebagian besar sudah menggunakan satelit sendiri yaitu BRISat.

“Perbankan saat ini terus mengupayakan jarigan komunikasi alternatif sambil menunggu perbaikan hub satelit Telkom 1,” ujar Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA kepada Kontan, Minggu (27/8/2017).

BCA saat ini berkoordinasi dengan Rintis dan Telkom untuk mengatasi komunikasi ATM. BCA juga mempersiapkan cabang untuk bersiaga dengan layanan yang lebih intensif agar kebutuhan uang tunai nasabah terpenuhi.

Selain itu, Telkom saat ini terpantau sedang berupaya keras untuk memperbaiki satelit ini. Sehingga diharapkan sebagian kantor kas dan ATM bisa beroperasi secara normal.

Bank Indonesia juga terus memantau perkembangan perbaikan dan menyiapkan antisipasi terkait hal ini.

Sumber: kontan.co.id, kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here