RAKYAT.NET, Jakarta – Puncak macet. Dua kata yang sudah terbiasa terdengar oleh masyarakat Jakarta yang berlibur ke puncak Bogor. Kawasan wisata jalur Puncak Bogor memiliki daya tarik sendiri bagi masyarakat Jakarta khususnya. Selain dianggap dekat dengan ibukota, keasrian kawasan Bogor masih lumayan untuk refreshing dari kesibukan kerja.

Kawasan wisata Puncak Bogor mulai mengalami kepadatan volume kendaraan sejak Sabtu pagi ini. Kepolisian memberlakukan sistem satu arah untuk mengatur kendaraan yang akan melalui kawasan tersebut. Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby mengatakan, kepadatan kendaraan sepanjang 1 kilometer sempat terjadi di gerbang keluar Tol Ciawi. “Sejak pukul 06.30 WIB sudah dipadati kendaraan dari arah Jakarta,” kata Hasby.

Kepolisian mencatat, jumlah kendaraan yang masuk ke wilayah Puncak sejak Jumat 15 Juni 2018 hingga pagi ini tercatat 33.754 kendaraan mobil, didominasi oleh kendaraan pribadi. “Untuk mengurangi kepadatan tersebut satuan lalu lintas Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah lebih cepat dari jadwal biasanya yakni dilaksanakan pada jam 07.00 WIB,” kata Hasby.

Hasby menambahlan, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang ingin menuju Cianjur agar dapat menggunakan Jalur Cibubur-Jonggol-Cariu-Cianjur. “Jalurnya 86 kilometer dan lebih cepat dibandingkan menggunakan jalur Puncak,” katanya.

Selain itu, masyarakat bisa menggunakan jalur Tol Bocimi jika ingin menuju ke Cianjur dan Sukabumi. “Dengan jarak 15 kilometer, bisa menempuh waktu 20 menit,” tambahnya.

Imbauan serupa juga diberlakukan kepada pengemudi dari arah Cianjur yang akan menuju Jakarta. Adapun beberapa titik simpul kemacetan di jalur puncak terdapat di Simpang Pasir Muncang, Simpang Pasir Angin, Simpang Mega Mendung, Simpang Taman Wisata Matahari, Simpang Taman Safari, dan Simpang Warung Kaleng.

Selain itu, personel pengamanan yang diterjunkan di sepanjang jalur Puncak Bogor sebanyak 250 personel gabungan dari satuan lalu lintas Polres Bogor, Sabhara Polres Bogor, dan gabungan Polsek Ciawi, Megamendung dan Cisarua.

Sumber: liputan6.com
Photo: postkotanews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here