RAKYAT.NET, Jakarta – Orang modern banyak sekali yang mengalami insomnia. Anda harus tahu triknya supaya tak menjadi masalah berlanjut.

Bila terus-menerus mengalami insomnia, dampaknya dapat memicu penyakit jantung dan gangguan kardiovaskular lainnya. Anda harus berusaha mencegahnya supaya tak mengalami gangguan kesehatan tersebut.

National Sleep Foundation merekomendasikan 9 langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia. Berikut ulasannya, dilansir Zeenews, Rabu (20/9/2017).

Atur jadwal tidur

Cobalah tidur pada waktu yang sama dan bangun pada saat bersamaan, sekalipun di akhir pekan. Cara ini membuat Anda mudah untuk mengatur jam istirahat Anda. Kalau harus begadang sekali dalam satu minggu, setidaknya Anda bangun di waktu sama seperti hari-hari lainnya.

Santai

Anda juga harus melakukan ritual sebelum tidur. Cobalah santai, meninggalkan aktivitas rutin sebelum tidur, seperti menonton televisi atau membaca buku. Tenangkan pikiran Anda supaya mudah mengawali tidur.

Jangan pasang lampu

Hindari menatap lampu terang dari ponsel atau layar laptop. Hal ini bisa merangsang otak dan mencegah Anda untuk sulit tidur.

Jangan ngobrol

Kalau ada teman atau bagi Anda yang sudah menikah, atau dengan anggota keluarga lainnya hindari mengobrol sebelum tidur. Hal ini bisa mempersulit Anda untuk tidur. Fokuslah untuk mengawali tidur agar tetap membuat Anda nyaman.

Olahraga teratur

Olahraga yang teratur juga membuat tubuh Anda bugar. Anda juga menjadi cepat lelah saat malam dan ingin cepat-cepat tidur. Lakukan olahraga ringan setiap pagi atau sore hari. Anda akan merasa lebih rileks dan tidak mudah sakit, sekaligus menangkal insomnia.

Hindari rokok dan alkohol

Para ahli juga menyarankan untuk Anda harus menghindari alkohol, rokok atau makanan berat sebelum tidur. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada perut, sehingga mengganggu tidur.

Makan malam 2 jam sebelum tidur

Ambil waktu untuk makan malam setidaknya dua sampai tiga jam sebelum tidur. Kalau memang lapar, ambil saja makanan ringan supaya perut tak keroncongan.

Atur suhu ruangan

Jangan sampai suhu kamar Anda terlalu panas atau dingin sekali. Karena suhu kamar yang pas juga mempengaruhi hormon melatonin yang memudahkan Anda tidur. Saat malam hari, tubuh dan otak kita harus benar-benar istirahat. Hal ini bisa membuat aktivitas keesokan harinya lancar dan tak terhambat oleh sesuatu hal, seperti merasa sangat lelah.

Kompres tubuh dengan botol air hangat

Diperkirakan dengan kaus kaki atau mengompres tangan dan kaki dengan botol air hangat bisa membantu Anda tidur nyenyak. Cara ini dapat mencegah tersumbatnya aliran darah yang mempengaruhi waktu tidur.

Sumber: okezone.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here