RAKYAT.NET, Jakarta – Profesi YouTuber saat ini sangat menarik perhatian generasi muda. Namun tak mau kalah, generasi tua pun mulai membuat video-video kreatif dan mulai menekuni profesi sebagai youtuber secara full time.

Anda yang ingin menjadi YouTuber berikut beberapa langkah dasar yang harus Anda lakukan:

1. Buat Akun Google Mail dan Dapatkan Google Adsense di YouTube

Buat akun Gmail terlebih dahulu dan jika sudah, otomatis Anda telah memiliki akun YouTube. Lalu login ke akun YouTube. Isi data diri lengkap di akun YouTube Anda, termasuk deskripsi channel dan lainnya. Jangan lupa tambahkan foto profil dan banner. Akun siap diisi dengan konten video yang Anda inginkan.

Namun perlu Anda ketahui di tahap ini bukan berarti Anda langsung mendapat penghasilan dari Youtube. Sebab untuk mendapat penghasilan dari YouTube atau monetisasi channel YouTube masih ada beberapa syarat yang harus Anda dipenuhi. Antara lain: channel YouTube Anda telah 4.000 jam waktu tonton dan 1.000 subscribers dalam 12 bulan terakhir.

Ketentuan tersebut ditetapkan YouTube sejak 16 Januari 2018. Jika sudah memenuhi persyaratan tersebut, maka akun YouTube Anda baru bisa diikutkan program YouTube Partner Program (YPP).

2. Buat video-video yang menarik

Buatlah video-video yang menarik. Berbagai tema seperti video lucu, video menyanyi, bermain musik, memasak, video review, video walktrough gym, video tutorial dan video tingkah laku hewan lucu.

Bahkan supaya lebih menarik, kamu bisa menggabungkan jenis video tersebut, seperti video review yang lucu atau video talent yang diselipi humor. Jangan lupa, posisikan diri kamu sebagai penonton YouTube. Tanyakan pada diri sendiri, video seperti apa bisa menarik kamu, berapa durasinya dan lainnya.

Supaya lebih maksimal, cobalah optimasi video kamu. Buat dan tayangkan video asli buatan kamu. Tuliskan judul yang menarik dan pasang thumbnail yang sesuai. Maksimalkan juga dengan teknik SEO dan terapkan pada judul, deskripsi, meta tag dan lainnya.

3. Perhatikan kebijakan dan ketentuan YouTube terbaru

Pelajari Terms of Service dan Community Guidelines YouTube agar kamu tidak melanggar peraturan dan kena sanksi banned akun YouTube. Hindari menggunakan konten yang mengandung hak cipta, sebab pasti akan terdeteksi sistem YouTube dan konten bakal dihapus.

Selamat berkarya.