California – Sebagai penyedia media sosial, Facebook telah sukses membentuk komunitas online dengan jumlah pengikut 2 miliar di seluruh dunia. Giliran dunia nyata yang ingin dikuasai oleh perusahaan yang didirikan Mark Zuckerberg ini.

Facebook berencana untuk membangun sebuah kota yang di dalamnya sudah mencakupi perumahan, kantor, pertokoan, hingga hotel. Dan, ini bukan wacana kosong karena telah terangkum lewat sebuah proyek besar.

Dalam proyek yang diungkapkan baru-baru ini, Facebook direncanakan membangun konstruksi baru di area Menlo Park, California, Amerika Serikat, berdekatan dengan markas besarnya. Lahan seluas 56 hektar itu telah dibeli Facebook sejak 2015 lalu dengan mahar USD 400 juta.

Di area ini, bisa dibangun sekitar 1.500 unit rumah. Rumah tersebut nanti bisa dimiliki siapa saja, bukan hanya karyawan Facebook dengan 15% di antaranya dipasarkan lebih murah dari pasaran.

Kota Facebook Siap Dibangun, Seperti Apa?Foto: Facebook

“Kami berencana juga membangun area ritel baru seluas 125 ribu kaki persegi, termasuk toko kelontong, apotek, ritel komunitas lainnya,” kata Facebook dikutip detikINET dari Business Insider, Minggu (9/7/2017).

Berdasarkan penelusuran dari sumber yang turut membangun proyek ini, butuh waktu satu dekade agar lahan tersebut berubah wujud dari yang semula kosong menjadi ‘hidup’.

Memang pembangunan kawasan perkotaan Facebook ini akan dilakukan secara bertahap. Tahap awal, perumahan dan toko pendukung direncanakan selesai pada tahun 2021. Dan akan dilanjutkan.

Area Silicon Valley sendiri dikenal mengalami masalah perumahan karena harga yang sangat mahal terkait banyaknya perusahaan teknologi yang terpusat di sana. Tidak hanya warga lokal, bahkan karyawan dengan gaji tinggi pun kadang harus pikir panjang untuk membeli properti di sana. (fyk/fyk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here