RAKYAT.NET, Jakarta – Kesehatan tubuh sangat penting dan harus dijaga sejak dini. Pola hidup teratur, istirahat cukup, olahraga teratur dan mengkonsumsi makanan sehat serta bernutrisi sangat baik untuk kesehatan.

Trend makanan cepat saji mengubah pola konsumsi masyarakat modern. Praktis dan cepat mendorong kita untuk memilih makan makanan siap saji daripada memasak sendiri.

Namun dibalik kepraktisan tersebut, makanan cepat saji telah lama diketahui sebagai penyebab munculnya berbagai macam penyakit pada tubuh. Berbagai masalah kesehatan juga dapat muncul karena makanan jenis ini.

Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa konsumsi makanan cepat saji dapat menyebabkan satu masalah baru terutama anak-anak.

Dilansir dari The Health Site, konsumsi makanan instan yang dimasak dengan microwave dan daging panggang bisa menyebabkan alergi makanan pada anak-anak.

Hasil penelitian ini telah diumumkan pada pertemuan tahunan dari European Society for Paediatric Gastroenterology Hepatology and Nutrition. Diketahui bahwa makanan dengan kandungan advanced glycation end-products (AGEs) yang tinggi dihubungkan dengan alergi makanan pada anak-anak.

Kandungan AGEs ini biasanya berada dalam jumlah besar pada makanan cepat saji seperti makanan tinggi kandungan gula, olahan, serta daging yang dipanggang. Kandungan ini diketahui berperan dalam perkembangan beragam penyakit berbasis oksidasi seperti diabetes, aterosklerosis, dan masalah saraf.