JAKARTA, KOMPAS.com Puluhan siswa-siswi sekolah menengah dari Jakarta dan sekitarnya mengikuti wisata ke rumah ibadah lima agama di Jakarta, Kamis (15/6/2017).

Mereka berkumpul di Gereja Kristen Immanuel sejak pukul 07.30 WIB. Siswa-siswa itu mengunjungi Gereja Kristen Immanuel, Gereja Katolik Katedral, Mesjid Istiqlal, Pura Adhitya Jaya Rawamangun, dan Kuil Hoseji dalam acara yang bertajuk ” Wisata Rumah Ibadah”.

Mereka mengawali kegiatan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, mereka duduk di dalam gereja dan mendengarkan penjelasan dari perwakilan Gereja Immanuel.

Ketua Panitia Wisata Rumah Ibadah, Arie Hastuari mengatakan tujuan acara ini untuk menyebarkan semangat perdamaian dan toleransi di Indonesia melalui anak-anak.
Setiap tempat ibadah para siswa akan mendapatkan penjelasan dari pemuka agama dan berkeliling tempat ibadah.

“Sebenarnya kami ingin anak-anak mengenal rumah ibadah. Isinya seperti apa, simbol agama seperti apa, esensinya bagaimana,” kata Arie kepada KompasTravel di Gereja Immanuel, Jakarta.

Ia mengatakan acara Wisata Rumah Ibadah diikuti oleh siswa berbagai agama. Rata-rata usia siswa yang mengikuti wisata itu berkisar 15-18 tahun.

“Acara ini merupakan komunitas barengan antara Komunitas Bhinneka, Sekar Nusa, dan kami juga didukung pemerintah DKI dalam hal ini Dinas Perhubungan dengan pengadaan bus sekolah,” tambahnya.

Acara Wisata Rumah Ibadah berlangsung selama satu hari hingga maghrib. Perjalanan menuju rumah-rumah ibadah menggunakan bus.

 

WAHYU ADITYO PRODJO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here