BANGKOK, KOMPAS.com — Smartphone kelas menengah terbaru keluaran Motorola, Moto Z2 Play resmi dirilis untuk pasar Asia Tenggara pada Rabu (5/7/2017). Indonesia juga tercatat kebagian ponsel Android Nougat ini.

Moto Z2 Play dengan spesifikasi yang direndahkan ini masuk ke Tanah Air pada akhir Juli ini melalui Lenovo yang merupakan pemilik baru pabrikan ponsel Motorola.

Moto Z2 Play dibekali aneka macam komponen mutakhir, termasuk prosesor octa-core 2,2 GHz, chip Snapdragon 626, RAM 4 GB, media penyimpanan 64 GB, dan, layar 5,5 inci jenis AMOLED, serta baterai 3.000 mAh.

KompasTekno mendapat kesempatan pertama menjajal Moto Z2 Playsetelah acara peluncuran yang digelar di Bangkok, Thailand. Bagaimana kesan-kesannya?

Nyaman dan mewah

Kesan pertama memegang ponsel penerus Moto Z Play ini adalah nyaman di genggaman tangan dan tampilannya cukup mewah.

Meski sekilas tampilannya tak jauh berbeda ketimbang Moto Z2 pendahulunya, Moto Z2 Play ternyata lebih ringan dan tipis.

Selain itu, sudut-sudut ponsel dirancang bulat dan lebih melengkung. Desain ini membuat Z2 Play lebih nyaman dipegang meski layarnya cukup lebar, yaitu 5,5 inci.

Kamera belakang Moto Z2 Play dibuat dengan desain menonjol. Kamera belakang mengemas resolusi 12 megapiksel dengan lensa bukaan lebar F/1.7.(Reza Wahyudi/KOMPAS.com)

Punggung Moto Z2 Play dilapis logam yang membuat kesan mewah dan tidak meninggalkan bekas jari di permukaannya. Kombinasi desain baru, ketebalan bodi yang dipangkas, dan lapisan logam menimbulkan kesan sedang memegang ponsel flagship Moto Z.

Perubahan lain yang cukup mencolok, tombol fisik Moto Z2 Play yang terletak di bawah ponsel lebih lebar dan bentuknya lebih membulat atau elips.

Tombol ini bukan untuk mengakses tampilan Home. Ia berguna untuk membuka ponsel menggunakan fitur pemindai sidik jari. Dengan desain baru ini, diharapkan fitur fingerprint bekerja lebih gegas lagi.

Kamera sudut lebar

Untuk keperluan selfie, Z2 Play terlihat memajang LED flash dan kamera 5 MP. Meski tak ada peningkatan megapiksel dibanding Moto Z Play, ponsel Moto terbaru ini diklaim mendapat peningkatan kinerja, seperti sudut untuk pengambilan foto selfie yang lebih lebar, yaitu 85 derajat.

Beralih ke punggung ponsel, tampilan kamera utamanya masih sama dengan Moto Z Play. Tetap menonjol alias tidak rata dengan bodi ponsel. Untuk kemampuan kamera utama, Moto Z2 Play memiliki sensor 12 MP dengan laser autofokus dan diafragma lensa f/1.7.

Pada bagian bawah punggung ponsel terdapat konektor pin untuk menghubungkan smartphone dengan aksesori Moto Mod, seperti speaker eksternal, kamera, proyektor, dan sebagainya.

Untuk melihat penampilan Moto Z2 Play lebih detil lagi, simak foto-fotonya di tautan galeri berikut ini.

PenulisReza Wahyudi

EditorReska K. Nistanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here