Dream – Bagian sepanjang satu kilometer dari jembatan layang yang tidak digunakan di jantung Kota Seoul telah diubah menjadi taman kota dengan lebih dari 24.000 tanaman pot, semak belukar dan pepohonan.

The Seoul Station Overpass dibangun pada 1970-an untuk menyediakan koneksi kendaraan dari pasar Namdaemun, pasar tradisional terbesar di Seoul ke arah timur, melintasi area stasiun hingga ke berbagai taman di sebelah barat.

Pada tahun 2006, setelah melakukan inspeksi keamanan intensif, Kota Seoul menganggap struktur tinggi jembatan setinggi 17 meter itu tidak aman dan berencana untuk menghancurkan dan membangunnya kembali.

Namun setelah berkonsultasi lebih lanjut dengan warga dan para ahli, kota tersebut menghasilkan sebuah rencana untuk memfungsikan jembatan layang sebagai area penjalan kaki dan ruang publik. Sebuah kompetisi desain pun diluncurkan pada tahun 2015, dan sebuah studio Belanda bernama MVRDV memenangkan proyek tersebut.

skygarden

Jalan setapak itu kemudian disebut Seoullo 7017. Namanya berarti ‘menuju Seoul’ atau ‘Seoul Street’, sementara angka 7017 menandai tahun konstruksi jembatan layang itu 1970, dan fungsinya yang baru sebagai jalan umum pada tahun 2017.

Selain sebagai ruang hijau di pusat Kota Seoul, Skygarden dirancang untuk memberikan pengalaman pendidikan.

skygarden

” Skygarden adalah arboretum pendidikan, pembibitan untuk spesies masa depan dan di masa depan akan berfungsi sebagai kebun yang dapat menjangkau bagian lain di Seoul saat tanaman-tanaman itu tumbuh dan dipindahkan ke rumah baru,” kata Winy Maas, mitra pendiri dari MVRDV.

” Mereka ditanamn dalam wadah dengan ukuran dan tinggi yang berbeda, dan diatur dalam kelompok keluarga. Keluarga diklasifikasikan menurut alfabet Korea. Hal ini menghasilkan komposisi spasial yang mengejutkan,” lanjut Winy.

skygarden

Taman linier ini didesain sebagai kumpulan kecil, masing-masing dengan komposisi, aroma, warna, dan identitas tersendiri. Pemandangannya akan berubah sesuai musimnya. Warna daun cerah di musim gugur akan keluarga dari kelompok tanaman Aceraceae (maples).

Sementara kelompok pohon ceri dan rhododendron akan bermekaran di musim semi. Kemudian pohon cemara hijau akan tumbuh di musim semi, dan semak belukar serta pohon-pohon berbuah akan tumbuh di musim panas.

skygarden

(Sumber: amusingplanet.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here