CIKARANG, (PR).- Meski bulan Puasa baru akan dimulai dua minggu depan, sejumlah harga kebutuhan pokok sudah mulai mengalami kenaikan. Harga cabai, bawang merah hingga ayam potong merangkak signifikan.

Berdasarkan pantauan “PR”, Jumat 12 Mei 2017, kenaikan sejumlah kebutuhan pokok ini terjadi di beberapa pasar. Di Pasar Tambun, harga cabai keriting merah sudah menyentuh angka Rp 35.000 dari semula Rp 20.000 per kilogram. Kenaikan pun diikuti harga cabai jenis lainnya.

“Ya sudah lumayan ada yang naik sedikit-sedikit walaupun masih bisa disebut stabil. Tapi sepertinya terus naik sampai nanti puasa. Hampir semua naik ini sepertinya,” ujar salah seorang pedagang, Nahrowi.

Selain cabai keriting merah, bahan pokok yang naik lainnya yakni cabai keriting hijau menjadi Rp 25.000 dari semula Rp 15.000/kg, cabai merah Rp 35.000 dari harga Rp 25.000/kg, cabai hijau menjadi Rp 35.000 dari Rp 28.000/kg. Cabai rawit merah menjadi golongan cabai dengan harga tertinggi yakni Rp 65.000 atau naik Rp 5.000 dari harga semula Rp 60.000/kg.

“Rawit merah sudah naik lama jadi memang harganya tinggi. Tapi kalau rawit hijau lebih murah, harganya sampai setengahnya rawit merah. Saya jual Rp 30.000 per kilogramnya,” kata Nahrowi.

Bawang merah

Kenaikan serupa terjadi juga di Pasar Roxy Cikarang Selatan. Kusnadi, pedagang lainnya mengatakan, kenaikan pun terjadi pada bawang merah meski tidak terlalu signifikan. Kusnadi yang sebelumnya menjual bawang merah seharga Rp 22.000 kini menjadi Rp 22.000 per kilogram.

“Yang naik juga itu telur tapi belum tinggi. Telur ayam sebelumnya saya jual Rp 21.000 sekarang Rp 22.000. Ya semoga kalau naik enggak terlalu tinggi karena kan mesti nambah biaya buat modalnya,” kata dia.

Sementara itu, harga ayam potong negeri pun naik menjadi Rp 40.000. “Naik tapi masih belum naik banget. “Tetapi bisa saja nanti dekat puasa harganya naik lagi jadi lebih dari Rp 40.000 bahkan bisa sampai Rp 50.000 lebih,” kata Junaidi, pedagang ayam potong.

Kepala UPTD Pasar Tambun, Muchlis Abdullah mengakui sejumlah harga mengalami kenaikan. Meski begitu, terdapat pula beberapa harga yang justru turun.

“Harga kebutuhan pokok di Pasar Tambun saat ini relatif stabil meskipun ada beberapa komoditas yang harganya merangkak naik seperti harga cabai. Meskipun begitu, ada beberapa jenis barang yang harganya turun seperti harga kentang,” kata Muchlis.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi Abdur Rofiq mengatakan, kenaikan sejumlah kebutuhan pokok terjadi di empat pasar yakni Tambun, Pasar Baru Cikarang, Pasar Serang hingga Pasar Induk Cibitung. Menurut dia, kenaikan kerap terjadi di setiap momentum hari besar keagamaan. “Kenaikan terjadi di beberapa komoditas namun masih dalam batas stabil, tidak signifikan,” kata dia.

Menghadapi kenaikan kebutuhan pokok ini, Rofiq mengaku sudah melakukan sejumlah langkah untuk mengendalikan, di antaranya dengan berkomunikasi dengan para pedagang dam distributor. Berdasarkan hasil pertemuan dengan mereka, ketersediaan kebutuhan pokok mencukupi.

“Barangnya tersedia jadi dari sini sudah dapat diprediksi kalaupun naik tidak akan signifikan. Harga juga masih dapat terkendali. Jika nanti memang sudah makin naik, bisa dilakukan operasi pasar,” kata dia. (Tommi Andryandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here