RAKYAT.NET, Jakarta – Dalam rangka mengurangi kecelakaan terutama pengendara motor roda dua, Kementerian Perhubungan (Kemhub) akan kembali menyelenggarakan mudik gratis.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, mudik gratis itu akan diselenggarakan di jalur darat dan laut. “Untuk laut kami persiapkan 20 kapal perintis yang akan kita operasikan Jakarta-Semarang,” ungkapnya.

Untuk laut dirinya mempersiapkan kuota mudik gratis kurang lebih sebanyak 20.000-30.000 penumpang. Sementara untuk mudik gratis dengan bus Kemhub menyediakan kuota 10.000-20.000. Tak hanya itu, Kemenhub juga menyediakan pengiriman motor gratis dengan kereta api.

“Dari PT Kereta Api Indonesia kemarin jatah untuk pengiriman motornya sudah habis. Tapi kita tambah lagi 5.000, jadi kiranya menjadi total yang kami sediakan hampir 20.000,” tambah Budi.

Dengan begitu, ia berharap mudik kali ini pemudik yang menggunakan motor jumlahnya menurun dibanding tahun lalu. Hal itu demi memperhatikan keselamatan dari masyarakat sendiri.

Apalagi dengan adanya tol Jakarta-Surabaya ini diharapkan juga lalu lintas tambah baik dan kecelakaan tambah turun serta waktu tempuh mudik menjadi lebih pendek.

Sumber: kontan.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here