RAKYAT.NET, Jakarta – Mudik dari Jakarta ke Surabaya semakin mudah. Pembangunan tol yang menghubungkan kota Jakarta ke Surabaya telah siap dilewati pemudik tahun 2018. Isu mahalnya tarif tol Jakarta-Surabaya membuat banyak masyarakat bertanya-tanya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membantah banyaknya informasi yang beredar jika pemudik harus mengeluarkan uang sedikitnya Rp 500 ribu hingga jutaan untuk menikmati jalan tol dari Jakarta hingga Surabaya, saat momen mudik Lebaran 2018.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian PUPR Danis H Sumadilaga mengaku sudah melakukan perhitungan seberapa besar uang yang harus dikeluarkan pemudik untuk menikmati jalan tol dari Jakarta hingga Surabaya.

“Jadi saya meluruskan kalau tidak benar itu informasi bahwa masyarakat perlu bayar Rp 500 ribuan atau hingga jutaan untuk menggunakan tol Jakarta-Surabaya. Tarifnya itu yang benar hanya Rp 344 ribu,” kata Danish di Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Menurutnya, perhitungan ini sudah dikalkulasi setiap ruas tol yang ada dan sudah beroperasi. Tarif ini tentunya berdasarkan tarif kendaraan Golongan 1, yang notabene paling banyak digunakan pemudik.

Secara rute, Danish mengatakan untuk Jakarta-Semarang total uang yang harus dikeluarkan pemudik sebesar Rp 173 ribu. Sedangkan untuk rute Semarang-Surabaya tarif tol secara keseluruhan sebesar Rp 171 ribu.

“Meski beberapa ruas tol baru kita operasikan secara fungsional, kita tetap memberikan titik-titik rest area untuk beristirahat,” tambahnya.

Sumber: liputan6.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here