RAKYAT.NET, Jakarta – Kecerdasan buatan Google mampu mendeteksi sakit jantung dalam tubuh hanya dengan memindai mata. Dilansir dari Indiatimes, algoritma kecerdasan Google yang baru mampu melakukan hal tersebut.

Hanya dengan melihat mata, kecerdasan tersebut mampu mengetahui apakah Anda menderita sakit jantung atau tidak. Tingkat akurasinya pun cukup tinggi.

Para ilmuwan Google menemukan metode ini dengan menganalisis hasil pemindaian bagian belakang mata pasien. Hanya dengan menganalisis gambar retina saja, kecerdasan buatan ini dengan akurat bisa menyimpulkan beberapa data, seperti usia, tekanan darah, bahkan apakah mereka merokok atau tidak. Data ini kemudian diolah melalui kecerdasan buatan untuk menghasilkan hasilnya.

Hasilnya berupa faktor-faktor yang berisiko membuat mereka terkena serangan jantung. Dapat dilihat juga tinggi rendahnya risiko mereka terkena serangan jantung.

Untuk melatih algoritma tersebut, ilmuwan Google dan Verify menggunakan mesin untuk menganalisa data medis dari 3 ratus ribu pasien penyakit jantung. Dengan kecerdasan buatan, kesehatan seseorang bisa dideteksi hanya dari matanya saja. Seperti yang dinyatakan dalam jurnal Nature of Biomedical Engineering. Namun sayang, Google masih melakukan penyempurnaan dengan tujuan untuk menyempurnakan tingkat akurasi sehingga lebih baik.

Sumber: liputan6.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here