Kebanyakan wanita hamil berharap bisa menjadi perempuan seutuhnya dengan melahirkan secara normal. Sayangnya, ada saja masalah medis yang bisa mengancam jiwa ibu atau janin sehingga membuat ibu hamil harus menjalani persalinan caesar.

Tapi jika seorang ibu hamil tidak memiliki indikasi medis yang mengharuskannya melahirkan secara caesar, melahirkan normal adalah pilihan yang terbaik. Selain memberi pengalaman berharga bagi si ibu, melahirkan normal juga memberi banyak manfaat untuk bayi, salah satunya meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Persalinan normal memang membuat perempuan lebih banyak merasakan nyeri. Tapi rasa sakit pasca persalinan yang dirasakan biasanya lebih cepat pulih dibandingkan dengan perempuan yang menjalani persalinan caesar.

Namun, beberapa kebiasaan selama masa kehamilan dapat membuat persalinan normal terasa lebih menyakitkan. Rasa sakit juga bisa diperparah dengan adanya komplikasi fisik.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa kebiasaan wanita hamil yang membuat persalinan terasa lebih menyakitkan.

Sumber: cnnindonesia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here