TEMPO.CO, Jakarta -Padatnya pekerjaan kerap menuntut Anda untuk fokus 100 persen sehingga  tidak memiliki waktu untuk memikirkan hal lain termasuk berat badan.
Pekerja yang menghabiskan waktunya sejak pukul 9 pagi hingga 5 sore atau 40 jam selama satu minggu kerap mengalami kesulitan dalam menjaga berat badannya. Belum lagi yang sudah berkeluarga. Bagaimana bisa membagi 24 jam sehari secara maksimal baik untuk pekerjaan, keluarga dan diri sendiri?

Jangan biarkan diri Anda mencari alasan di tengah padatnya aktivitas harian Anda. Anda tentu bukan satu-satunya orang yang bekerja sejak pukul 9 pagi hingga 5 sore, Anda juga bukan satu-satunya ibu atau ayah yang mengurus keluarga di rumah sepulang kerja.
Saat menghabiskan 8 jam kerja di kantor, rencanakan apa yang akan Anda lakukan, mulai dari project kantor, pekerjaan rumah anak, daftar belanja hingga kehidupan sosial Anda. Tuliskan semuanya dalam buku catatan termasuk olahraga, misal pada Minggu sore. Pilih olahraga yang melibatkan Anda dalam sebuah kelompok, sehingga tidak ada alasan untuk tidak melakukannya

Jika tidak sempat melakukan olahraga di sore hari, ganti waktu menjadi pagi hari. Tidak perlu melakukan olahraga berat. Cukup lakukan stretching selama 20 menit sebelum memulai aktivitas harian Anda.
Saat ini, banyak sekali program daring di Internet yang dapat membantu Anda untuk memantau makanan atau minuman yang Anda konsumsi sehari-hari tanpa dikenakan biaya sedikitpun. Hal tersebut tentu lebih mudah dibanding mencatat sendiri. Saat berada di rumah, Anda dapat menggunakan gelas ukur untuk mengindentifikasi seberapa banyak kalori yang Anda konsumsi setiap hari.

Daripada jajan di sembarang tempat, ada baiknya untuk membawa bekal sendiri dari rumah. Selain itu, Anda pun dapat berhemat. Dengan membawa bekal dari rumah, Anda juga mengetahui asupan kalori yang Anda konsumsi setiap harinya.
Tidak sempat sarapan? Jangan menunda hingga makan siang. Buat havermut instan dengan tambahan buah segar, seperti pisang atau selai kacang agar rasanya tidak terlalu hambar. Anda juga dapat mengonsumsi satu botol yogurt untuk mengganti havermut tersebut.
Untuk mengatasi perut keroncongan di sore hari, Anda dapat mengganti camilan penuh dengan bahan pewarna dan pengawet dengan buah-buahan segar, seperti apel dan anggur. Cara menurunkan berat badan tersebut dianggap cukup ampuh bagi mereka yang gemar mengonsumsi camilan tidak sehat. Terakhir, yang tak kalah penting dari semuanya ialah konsistensi. Anda harus benar-benar konsisten menjalankan setiap tahapnya agar hasil yang diperoleh maksimal. Jika masih ragu dan setengah hati, lebih baik tidak sama sekali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here