Jakarta (ANTARA News) – Katie Ledecky mencetak sejarah dengan menjadi wanita pertama yang meraih 12 medali emas kejuaraan dunia renang ketika dia empat kali menciptakan rekor dunia di kolam renang Budapest, Selasa waktu setempat.

Ledecky tak tertandingi pada nomor 1.500 gaya bebas putri ketika dia memenangkan final nomor ini dengan catatan waktu mengejutkan sampai berselisih 19,07 detik dari pesaing utamanya dari Spanyol, Mireia Belmonte.

“Katie Ledecky dari planet lain, oleh karena itu target saya adalah memenangkan medali perak. Bagi saya ini sudah emas,” kata Belmonte.

Ledecky (20) kini menjadi wanita yang paling banyak dianugerahi medali emas pada sejarah kejuaraan renang dunia, melewati rekan senegaranya Missy Franklin yang 11 kali menjadi juara dunia.

Sementara itu perenang Inggris Adam Peaty dua kali menciptakan rekor dunia pada nomor 50m gaya dada putra untuk masuk final nomor ini. Perenang Kanada Kylie Masse memecehkan rekor dunia 100m gaya dada putra.

Dan melengkapi hujan rekor dunia di kolam renang pada kejuaraan dunia renang di Budapest ini adalah sukses Lilly King dari AS dalam memecahkan rekor dunia pada nomor 100m gaya dada putri untuk meraih emas.

“Sungguh tidak dalam jangkauan radar saya bisa berenang di bawah 26 detik,” kata Peaty yang mencatat waktu 26,10 detik, lalu 25,95 detik pada semifinal. “Mari kira lihat apa yang terjadi pada final besok (Rabu waktu setempat),” sambung dia seperti dikutip AFP.

Editor: Jafar M Sidik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here