RAKYAT.NET, Jakarta – PT. KAI (Persero) Daop 1 resmi mengubah nama Kereta Api (KA) Gaya Baru Malam Selatan (GBMS) menjadi KA Jayakarta Premium. Kereta ini merupakan kereta yang menghubungkan Stasiun Pasar Senen, Jakarta ke Stasiun Gubeng di Surabaya.

Kereta ini sebenarnya masuk kelas ekonomi. Namun, kereta ini memiliki fasilitas premium layaknya kereta kelas eksekutif.

SM Pemasaran Angkutan Penumpang KAI Daop 1, Sigit Irawanta mengatakan, kereta ini sebelumnya merupakan kereta tambahan untuk melayani momen tertentu seperti long weeked maupun hari besar keagamaan. Dengan perubahan nama ini, kereta ini menjadi kereta reguler yang berangkat setiap hari.

“Kalau hari Jumat itu penuh. Biasanya Jumat sore atau menjelang libur, KA itu penuh. Jadi layaklah dijadikan untuk bahan reguler,” kata dia di Stasiun Pasar Senen Jakarta.

Dari kursi yang tersedia, kereta ini menggunakan tempat duduk dengan sandaran miring. Dengan bentuk ini, penumpang tidak merasa capai.

Tiap baris tempat duduk terdiri dari dua kursi. Jarak antar penumpang depan dan belakang relatif lebih panjang, lantaran posisi penumpang tidak berhadapan.

Sementara, di atas tempat duduk penumpang, terdapat bagasi untuk menyimpan barang. Bagasi kereta ini dibuat mirip bagasi pasawat.

Tak berhenti di situ. Di dalam kereta tersedia fasilitas televisi. Penumpang bisa mendapatkan suguhan hiburan seperti film dan musik.

Bila dibandingkan, fasilitas ini jauh berbeda dengan kereta ekonomi biasa. Di kereta ekonomi biasa, kursinya merupakan sandaran tegak. Sehingga, penumpang tak bisa leluasa mengatur posisi duduk.

Jarak antar penumpang pun sempit. Sebab, posisi duduk penumpang saling berhadapan. Lalu, tiap baris terdiri dua atau tiga kursi. Itu menyebabkan jalan di kereta menjadi sempit.

Sumber: liputan6.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here