RAKYAT.NET, Jakarta – Indonesia sebagai negara besar sangat membutuhkan pemimpin masa yang bervisi masa depan sehingga dapat membawa negeri ini sejajar dengan negara-negara maju.

Executive Centre for Global Leadership (EGCL) menyelenggarakan forum kepemimpinan hari ini di Jakarta, Rabu (4/7/2018). Ini adalah forum kepemimpinan pertama di Indonesia.

EGCL didirikan oleh Tanri Abeng, Jusuf Kalla, Aburizal Bakrie, Bambang Kesowo, dan Pontjo Sutowo, dan alumninya memegang posisi kepemimpinan pada banyak bisnis dan sektor, termasuk sektor publik dan sosial.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri BUMN Rini Soemarno akan menyampaikan pidato kunci pada forum ini. JK akan memberi pidato bertema kebijaksanaan dalam memimpin.

“Kepemimpinan adalah tentang kebijaksanaan dan keberanian, dan memberikan contoh. Kualitas-kualitas ini diasah melalui pengalaman dan proses belajar terus menerus,” kata Yusuf Kalla.

Sementara itu, Rini juga akan berbicara mengenai kepemimpinan di BUMN, terutama terkait kerja kerasnya sebagai perempuan pertama yang memegang posisi tersebut.

Selain dua nama di atas, akan ada sesi Leadership Panel yang akan dihadiri oleh Nicke Widyawati (Plt Dirut Pertamina), Gilarsi Wahyu Setijono (Dirut Pos Indonesia), dan Muhammad Awaluddin (Dirut Angkasa Pura II).

Turut hadir pula untuk berpidato di acara ini Datuk Seri Anwar Ibrahim, mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia. Pria yang memegang kepemimpinan koalisi politik Pakatan Harapan atau Aliansi Harapan yang sedang berkuasa di Malaysia.

Ketua ECGL Tanri Abeng berencana mengadakan forum kepemimpinan setiap tahun, sebab sedang ada urgensi di Indonesia akan kebutuhan pemimpin untuk mengembangkan kepemimpinan secara sistematis.

“Pemimpin yang mampu mengembangkan institusi yang efektif dan mengubah institusi menjadi pengembangan kepemimpinan yang berkelanjutan. Kesimpulannya, pemimpin yang mampu menghasilkan pemimpin baru,” katanya.

Sumber: liputan6.com