Liputan6.com, Jakarta Berbicara tabungan maka kita juga akan membicarakan mengenai perencanaan keuangan. Ketika Anda memasuki masa tua, pemasukan Anda kemungkinan besar akan lebih kecil dibandingkan dengan pemasukan saat ini ketika masih menjadi karyawan di tempat Anda bekerja.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda sudah mempersiapkan tabungan masa tua dari sekarang agar tidak mengalami masalah keuangan yang berarti saat masa tua menjelang. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan seperti dikutip dari Careerealism, Senin (3/7/2017):

Mulai hari ini

Berusahalah untuk fokus dan mulai menyisihkan sejumlah uang untuk mulai menabung setiap bulannya. Sisihkan sekitar 20 persen dari gaji bulanan yang Anda miliki sebagai tabungan masa tuamu nanti.

Tekan pengeluaran sehari-hari

Apabila saat ini kamu bekerja di kantor dan biasa makan siang atau makan malam di restoran. Maka mulailah untuk tidak melakukan hal itu demi menghemat gaji bulanan Anda.

Ketika berhasil menekan pengeluaran sehari-hari, Anda akan memiliki jumlah tabungan yang lebih. Hal ini dapat memberikan kondisi keuangan yang lebih baik di masa depan nantinya.

Buatlah tujuan menabung

Setelah memutuskan untuk menabung setiap bulannya untuk masa depan, Anda juga harus mengetahui untuk apa uang tabungan akan digunakan nantinya.

Anda bisa membuat beberapa daftar dari tujuan menabung untuk masa tua nanti, apabila saat ini kamu bekerja sebagai pekerja kantoran maka Anda bisa memiliki tujuan bahwa uang tabungan hari tua itu dapat digunakan sebagai modal untuk melakukan usaha atau untuk berinvestasi di pasar saham nantinya.

Jangan pernah lupakan asuransi

Bagi Anda yang masih muda, tidak ada salahnya untuk segera mendaftarkan diri dalam layanan asuransi kesehatan. Karena dengan berasuransi, Anda dapat meringankan bebanmu dan meringankan pengeluaran jika Anda mendadak mengalami sakit yang cukup serius dalam waktu dekat atau bahkan saat masa tua nantinya karena masuk rumah sakit membutuhkan biaya yang tidak sedikit. (vna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here