JAKARTA, KOMPAS.com – Bank Indonesia (BI) dalam SurveiKonsumen melaporkan tingkat keyakinan konsumen tetap dalam level optimis pada Juni 2017.

Namun, tingkat keyakinan konsumen tersebut cenderung melemah dibandingkan bulan sebelumnya. Ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Juni 2017 yang mencapai 122,4, turun 3,5 poin dibandingkan IKK pada Mei 2017.

Hasil survei mengindikasikan penghasilan saat ini membaik, didorong penerimaan Tunjangan Hari Raya (THR) dan meningkatnya pendapatan usaha.

“Namun, persepsi konsumen terhadap terbatasnya ketersediaan lapangan kerja, baik pada saat ini maupun dalam enam bulan mendatang menyebabkan IKK pada bulan ini mengalami penurunan,” tulis bank sentral dalam pernyataan resmi, Selasa (11/7/2017).

Sementara itu, tekanan kenaikan harga pada tiga bulan mendatang diperkirakan juga menurun.

Ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) tiga bulan yang lebih rendah 13,1 poin dibanding survei bulan sebelumnya menjadi 163,9. Akan tetapi, tekanan kenaikan harga pada enam bulan mendatang diperkirakan sedikit meningkat.

Hal ini terindikasi dari indeks yang naik 1,0 poin dari bulan sebelumnya menjadi 167,5. Sejalan dengan perbaikan penghasilan konsumen saat ini, porsi pendapatan yang digunakan untuk konsumsi juga meningkat pada bulan Juni 2017.

“Hasil survei juga mengindikasikan ekspektasi jumlah tabungan dalam enam bulan mendatang tetap tumbuh stabil, meski indeks yang dihasilkan tidak setinggi periode survei bulan sebelumnya,” ungkap BI.

 

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan

EditorBambang Priyo Jatmiko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here