RAKYAT.NET, Jakarta – Di tengah kesibukan masyarakat Jakarta, PT MRT Jakarta terpaksa akan membongkar Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Bundaran HI, Jakarta Pusat. Akibatnya, ruas jalan MH Thamrin akan ditutup selama 9 jam.

Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta Tubagus Hikmatullah mengatakan pembongkaran dilakukan dua tahap. Yakni dengan membongkar JPO di sisi barat yaitu di Jalan MH Thamrin yang mengarah dari Jalan Jenderal Sudirman menuju Monas dilakukan pada pukul 21.00.

“Sisi barat, Jl MH Thamrin akan ditutup sementara untuk umum pada pukul 21.00 sampai dengan pukul 01.00. Struktur JPO sisi barat yang telah diangkat akan ditempatkan di lajur TransJakarta sisi barat guna dilakukan pemotongan menjadi bagian-bagian kecil untuk selanjutnya dibawa meninggalkan area Bundaran HI,” jelas Hikmatullah.

Usai melakukan pembongkaran di sisi barat, pembongkaran JPO akan dilanjutkan pada sisi timur dari arah Monas menuju Jalan Jenderal Sudirman. Pembongkaran kedua akan dilakukan pada Selasa (31/7).

“Sisi timur, Jl MH Thamrin akan ditutup sementara untuk umum pada pukul 01.00 sampai dengan pukul 06.00 guna melakukan pengangkatan struktur JPO sisi timur,” ujarnya.

Namun, lanjut Hikmatullah, pihaknya akan membantu pengendara maupun warga yang hendak beraktifitas di gedung Kedubes Perancis, gedung Sinarmas, gedung Bank Permata, gedung Oil Center.

“Jl MH Thamrin akan kembali dibuka seperti semula pada Selasa (31/7) pukul 06.00. MRT Jakarta bersama dengan seluruh dinas terkait di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta senantiasa mengedepankan aspek keamanan dan keselamatan kerja dalam menyusun metode pekerjaan pembongkaran,” katanya.

Berikut rekayasa lalu lintas di Jalan MH Thamrin selama pembongkaran JPO di sekitar Bundaran HI:

1. Senin (30/7), mulai pukul 21.00 sampai Selasa (31/7) pukul 01.00, arus lalu lintas di Jl MH Thamrin dari Jl Sudirman menuju Monas dialihkan ke Jl Imam Bonjol.

2. Dari arah utara (Monas), masyarakat masih dapat melintasi area Bundaran HI menuju ke arah Jl Sudirman hingga pukul 01.00 pada lajur paling kiri.

3. Selasa (31/7) mulai pukul 01.00 sampai 06.00, arus lalu lintas di Jl MH Thamrin dari arah Monas menuju Jl Sudirman dialihkan ke Jl KH Wahid Hasyim atau Jl Sunda (sebelum gedung Kedutaan Besar Perancis).

Sumber: merdeka.com