Merdeka.comMenteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonanmenyarankan agar penyaluran subsidi elpiji (LPG) 3 kilogram dilakukan secara langsung melalui Kementerian Sosial.

“Jadi subsidi ini kan bukan berupa barang sehingga sebaiknya subsidi ini langsung keorang. Data di TNP2K (Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan) kalau saja tidak valid 100 persen, misalnya saja 99,99 persen, harusnya bisa dipakai karenadatanya itu dipakai juga untuk subsidi listrik,” kata Jonan seperti ditulis Antara,Jakarta, Senin (5/6).

Menurutnya, bantuan subsidi melalui barang tidaklah efektif, banyak celah untukdimanfaatkan oleh orang lain. Oleh karena itu penyaluran yang selama ini melaluiKementerian ESDM untuk subsidi elpiji, sebaiknya melalui Kementerian Sosial.

Jonan mengakui, anggarannya mungkin akan lebih besar sebab rantai distribusi elpiji3 kg juga mencakup pedagang mikro, namun teknis penyerahan langsung bisamelalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Jonan menyebut sudah ada pembicaraan dengan Kepala Bappenas, dan disarankan yang menerapkan penyaluran tersebut adalah Kementerian ESDM, tapi Jonanmenjawab tidak sepakat. “Itu di Kemensos saja, jadi satu di situ, jangan dipisahkarena ini subsidi langsung pada keluarga yang membutuhkan, bukan subsidi kepadabarangnya,” katanya.

Kekhawatiran tersebut juga dirasakan oleh anggota Komisi VII DPR dari Fraksi Partai Nasional Demokrat Endre Saifoel bahwa subsidi elpiji kemasan tabung 3 kg akan makin membengkak jika tidak segera dilakukan pengendalian.

“Pada 2017 subsidi elpiji 3 kg sudah dialokasikan sekitar Rp 20 triliun, namun diprediksi bisa membengkak hingga Rp 30 triliun. Untuk 2018, realisasinya bisa naik lagi menjadi Rp 40 triliun,” katanya.

Selain makin membengkak, menurut dia, program subsidi elpiji 3 kg yang berjalanselama ini juga rawan kebocoran. Di tambah lagi, banyak alokasi subsidi elpiji 3 kg yang tidak tepat sasaran.

Banyak pemakai elpiji kemasan 3 kg bersubsidi merupakan masyarakat mampu, yang seharusnya tidak berhak memakainya,” ungkap pria yang biasa dipanggil Haji Wen itu.

[idr]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here